10 Aplikasi Web Server Android

Teknotes.id – Sebagai pengembang atau developer aplikasi ketika ingin menjalankan atau menguji aplikasi yang telah dibuat tentunya membutuhkan web server. Web server digunakan untuk mengirimkan konten kepada pengguna akhir.

Untuk menjalankan situs web, kamu tidak perlu server mahal dan besar. Dengan kemajuan teknologi, kita sekarang dapat menjalankan situs web berbasis database pada perangkat sederhana.

Pada era ini jika kamu memiliki perangkat Android, maka kamu beruntung karena kamu dapat menjadikannya sebagai server web. Perangkat Android cukup kuat untuk digunakan sebagai server web.

Ini dapat bertindak sebagai server web lengkap yang dapat diakses melalui jaringan LAN atau bentuk internet apa pun.

Kamu dapat menguji kode kamu tanpa membayar layanan hosting, selain itu dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Dibawah ini adalah daftar 10 Aplikasi Web Server Android yang dapat kamu gunakan secara gratis untuk membangun web server sendiri.

1. kWS – Android Web Server

10 Aplikasi Web Server Android

kWS – Android Web Server adalah web server ringan dan cepat yang didesain khusus untuk perangkat seluler Android.

Hal ini dapat digunakan untuk meng-host situs web dan untuk melayani file melalui HTTP. KWS menerapkan HTTP-1.0. kWS sangat mudah dipasang, dan dibutuhkan sangat sedikit siklus CPU.

Kamu dapat mengaktifkan mode hotspot pribadi atau mengubah Android menjadi web nirkabel ad-hoc atau server file.

Fitur:

  • Otentikasi dasar & pencernaan untuk akses aman
  • Sisi server termasuk (SSI)
  • Indeks direktori
  • Unduhan direktori dalam format tar, tgz & zip
  • Unduhan file yang dapat dilanjutkan
  • Klien pembaruan DNS Dinamis bawaan. Mendukung Penyedia DNS Dinamis no-ip.com dan dyndns.com
  • Hingga 20 koneksi paralel
  • Log HTTP komprehensif
Baca Juga:  10 Emulator Android Terbaik Untuk Windows dan macOS

2. PAW Server

10 Aplikasi Web Server Android

PAW Server adalah server web untuk perangkat Android. Dengan web server PAW kamu dapat menggunakan fungsionalitas ponsel kamu dari browser web, melayani halaman web kamu sendiri atau mengembangkan aplikasi web yang diaktifkan ponsel.

Aplikasi server ini dikembangkan oleh Fun2Code pada tahun 2018, plugin PHP tersedia dan dapat digunakan pada jaringan WiFi.

3. Palapa Web Server

10 Aplikasi Web Server Android

Palapa Web Sever berisi paket server web seperti Lighttpd, PHP, MySQL, dan MSMTP yang dapat digunakan untuk membangun situs web dinamis.

Ini mengubah perangkat kamu berbasis Android menjadi server web dan database, cocok untuk membangun situs web dinamis.

Palapa Web Server v 2.0.0 atau yang lebih baru mendukung perangkat yang menggunakan prosesor ARM dan Intel (x86)

Aplikasi ini mudah digunakan, semuanya di konfigurasi sebelumnya, konsumsi memori rendah, penggunaan CPU rendah, mampu melayani permintaan secara bersamaan, tidak memerlukan akses root, dan benar-benar gratis.

4. Web Server PHP/MyAdmin/MySQL

10 Aplikasi Web Server Android

Aplikasi ini memiliki pengaturan yang mudah dan otomatis apa yang telah di konfigurasi sebelumnya.

Selain itu, Web Server PHP/MyAdmin/MySQL mengkonsumsi memori rendah, penggunaan CPU rendah, yang mampu melayani permintaan secara bersamaan.

Tidak perlu akses root meskipun kamu dapat menggunakan root juga, dan benar-benar gratis tanpa iklan.

5. KSWEB: server + PHP + MySQL

10 Aplikasi Web Server Android

KSWEB: server + PHP + MySQL adalah serangkaian pengembang web untuk platform Android. Ini terdiri dari server web, bahasa pemrograman PHP, database MySQL, dan msmtp untuk dukungan sendmail.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengatur platform untuk menjalankan dan men-debug aplikasi web di perangkat Android kamu dan tidak memerlukan akses root untuk menjalankan KSWEB.

Kamu dapat memulai server web pada port 80, dan aplikasi ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna.

Baca Juga:  10 Aplikasi RAR Komputer

6. AWebServer

10 Aplikasi Web Server Android

AWebServer akan memungkinkan kamu berbagi file dari ponsel ke perangkat atau komputer apa pun dengan mudah.

Kamu dapat menjelajahi file dengan SO atau browser apa pun melalui nirkabel. AWebServer adalah solusi mudah dan ramah untuk mempublikasikan web kamu sendiri di perangkat Android kamu dengan PHP dan semua fitur yang dibawa Apache.

MariaDB, MySQL lama juga disertakan dan aplikasi phpMyAdmin telah diinstal dan siap untuk dikerjakan.

Telah mengintegrasikan server FTP untuk mengunggah konten dan kompatibel dengan Android 4 ke atas.

Server Web siap digunakan dan memiliki fitur-fitur ini: Apache, PHP 7 , MariaDB , phpMyAdmin, Indexes Options , FTP server, Logs Viewer, Text Editor.

Aplikasi ini didasarkan pada server Apache 2 yang terkenal dan stabil, yang dikenal dengan stabilitasnya di perangkat Android.

7. Tiny Web Server

10 Aplikasi Web Server Android

Tiny Web Server adalah aplikasi server web terbaru yang tersedia untuk Android. Kamu mungkin menemukan banyak aplikasi serupa lainnya untuk server web.

Kamu dapat mendownload aplikasi Tiny Web Sever di Play Store secara gratis. Ini adalah aplikasi yang disukai karena sering melakukan update dan mendukung versi Android terbaru.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk menyajikan konten dari ponsel dengan cara yang mudah.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan tugas-tugas sederhana menggunakan aplikasi ini. Kamu dapat mengakses penyimpanan internal ponsel melalui PC jika keduanya berada di jaringan yang sama.

8. Mobile Web Server

10 Aplikasi Web Server Android

Mobile Web Server adalah server web yang ringan dan cepat yang dirancang khusus untuk perangkat seluler Android.

Ini dapat digunakan untuk meng-host situs web dan untuk melayani file melalui HTTP. Berkas HTML harus dipilih sebagai halaman permulaan dengan menelusuri direktori perangkat.

Baca Juga:  10 Aplikasi Pembobol WiFi di Android

Setelah Server Web Seluler dimulai, halaman web harus dapat dibuka sesuai dengan alamat IP WiFi. Port ini diperbaiki sebagai 8089.

Dengan demikian, URL harus dalam format ini “http://[wifi-ip-address]:8089″. Untuk menjadikan Server Web Seluler sebagai server publik, server DNS dinamis harus berlangganan dari Internet untuk mendapatkan nama domain publik yang valid.

Selain itu, pengguna dapat membagikan konten selulernya dengan file HTML, video, atau file gambar QR Code kepada teman atau gurunya kepada siswa.

9. NiM Web Server

10 Aplikasi Web Server Android

NiM Web Sever adalah aplikasi gratis yang dikembangkan oleh NiM Computing Limited dan perkiraan jumlah install kurang lebih 1000.

Aplikasi ini akan mengubah ponsel kamu menjadi server web HTTP Cocok untuk Android Nougat 7.0 ke atas.

10. Servers Ultimate

10 Aplikasi Web Server Android

Servers Ultimate mampu menjalankan hampir setiap server baik server berbasis data, server berbasis web, maupun server penyimpanan.

Mulai server dengan mudah di tab ‘Simple‘ atau lanjutkan dan tambahkan pengguna, bolehkan IP, dan banyak lagi! Beberapa server dapat dijalankan secara bersamaan! Tidak diperlukan root.

Kesimpulan

Aplikasi berbasis server ini menautkan alamat IP dinamis perangkat kamu ke URL khusus. Jika, provider kamu memberi IP statis, maka kamu perlu menetapkan alamat IP statis ke server web Android kamu.

Daftar diatas adalah aplikasi yang kami rekomendasikan untuk menjadikan perangkat Android kamu sebagai server web.

Jika kamu mengetahui beberapa aplikasi untuk membuat perangkat Android sebagai server web, beritahu kami dengan menulis komentar.

Demikian daftar 10 Aplikasi Web Server Android diatas. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat, tunggu konten kami selanjutnya ya.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar