5 Bahasa Pemrograman yang Sering Digunakan Developer

Teknotes.id – Untuk membangun sebuah aplikasi, software atau pun website, kamu butuh untuk mengerti dan memahami bahasa pemrograman.

Ada banyak jenis bahasa pemrograman yang dipergunakan oleh developer. 5 diantara dari berbagai jenis bahasa pemrograman yang sering digunakan yaitu seperti berikut ini.

1. Java

Bahasa pemrograman java diluncurkan pada tahun 1990. Jenis bahasa pemrograman yang sifatnya open object oriented ini menggunakan class based.

Java tidak hanya dipergunakan untuk membuat aplikasi yang dipergunakan di desktop namun juga aplikasi mobile.

Walaupun jenis bahasa pemrograman ini cukup susah untuk dipelajari namun, Java hingga saat ini masih dipergunakan. Bahkan kalau kamu ingin menjadi developer handal, kamu sebaiknya menguasai Java.

2. Phyton

Phyton merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya dinamis dan mudah untuk dipergunakan. Kebanyakan orang memberi saran untuk mempelajari bahasa pemrograman ini lebih dahulu untuk pemula.

Bukan menjadi rahasia umum lagi biasanya bahasa pemrograman Phyton dipergunakan untuk backend. Namun, tidak jarang Phyton juga dipergunakan di bagian front end.

3. Javascript 

Javascript merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang paling banyak dipergunakan untuk pembuatan website atau pun untuk interface yang interaktif.

Ini karena bahasa pemrograman yang mulai dipergunakan di tahun 1994 tersebut lebih responsif dan user friendly.

Dalam penggunaan bahasa pemrograman Javascript untuk pembuatan website, Java script kerap dikombinasikan dengan HTML dan CSS.

Namun, seiring perkembangannya, bahasa pemrograman ini juga dipergunakan untuk membuat aplikasi mobile seperti game.

4. C#

Bahasa pemrograman C# disebut juga dengan C sharp dan dikembangkan oleh Microsoft. Karena hal tersebut, C# banyak digunakan untuk platform Windows agar platform .NET tetap berjalan.

Beberapa keunggulan dari C# adalah fleksibel, mudah dipergunakan dan powerfull. Karena itu C# dipergunakan juga untuk membuat aplikasi desktop ataupun jenis aplikasi lain seperti video game.

5. PHP

Bahasa pemrograman PHP adalah salah satu yang harus dikuasai developer. PHP banyak dipergunakan untuk membuat website CMS, misalnya WordPress.

Bahkan baik Wikipedia atau pun Facebook juga menggunakan PHP sebagai salah satu bahasa pemrogramannya.

PHP biasanya di kombinasikan dengan penggunaan HTML dan salah satu keunggulannya adalah cocok dengan database MySQL.

Jadi tidak heran jika developer menggunakan PHP karena bisa membuat website lebih dinamis.

Kesimpulan

Itulah 5 bahasa pemrograman yang sering dipergunakan oleh developer. Kuasai salah satu terlebih dahulu kemudian mempelajari yang lain agar kemampuan kamu semakin berkembang. 

Baca Juga:  Tutorial Membuat Login dan Logout Dengan PHP 5 MySQL MD5
by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar