Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

5 Cara Mengatasi File Corrupt atau Rusak

Teknotes.id – File yang rusak tidak dapat dioperasikan atau tidak dapat digunakan. File corrupt sering terjadi dan tidak terduga, membuat pengguna tidak dapat membuka atau mengakses file dan data.

File yang rusak dapat terjadi pada semua jenis file, termasuk Word, Excel, PDF, dll. Ada berbagai alasan mengapa file bisa menjadi rusak, hal ini disebabkan karena file yang cacat, serangan virus atau terdapat bug, ini adalah penyebab yang paling umum.

Jika Anda mengalami masalah mengakses file yang rusak, Anda tidak perlu khawatir karena kami mempunyai solusi untuk memperbaiki masalah file yang corrupt.

1. Mengubah Format File

Image from Gyazo

Cara pertama untuk mengatasi file corrupt adalah dengan mengubah format file, meskipun pada dasarnya file asli tidak dapat dibuka, akan tetapi Anda bisa melihat isi file tersebut. Sebagai contoh, Anda dapat mengubah format gambar PNG ke format BMP, atau mengubah format video dari MP4 ke AVI.

2. Buka Dengan Program Berbeda

5 Cara Mengatasi File Corrupt atau Rusak

Anda dapat menggunakan metode ini yaitu membuka dengan program atau aplikasi berbeda, karena setiap program yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman dan algoritma yang berbeda. Dengan menggunakan program yang berbeda kemungkinan bisa membuka file yang corrupt.

Sebagai contoh, dokumen Word bisa dibuka dengan program Google Docs atau LibreOffice. Jika file video tidak bisa dibuka, coba untuk menggunakan aplikasi VLC atau GOM Player.

Untuk membuka dengan program lain, Anda bisa melakukan klik kanan pada file kemudian pilih Open With, setelah itu pilih aplikasi alternatif yang telah terpasang. Jika tidak ada, coba pilih Choose Default Program untuk menemukan semua aplikasi yang terpasang pada laptop atau komputer.

Baca Juga:  Cara Melacak HP Yang Hilang

3. Jalankan Disk Check

5 Cara Mengatasi File Corrupt atau Rusak

Apabila file rusak disebabkan karena bad sector pada hard disk, maka salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan Disk Check. Metode ini dapat diterapkan untuk mencari, menemukan, dan memperbaiki kerusakan pada hard disk.

Untuk menerapkan metode ini silahkan untuk membuka CMD (Command Prompt) sebagai Run as administrator. Setelah itu, ketikan perintah chkdsk kemudian tekan Enter. Secara otomatis sistem akan melakukan proses pemindaian selama 10 hingga 15 menit.

4. Jalankan SFC Scan

5 Cara Mengatasi File Corrupt atau Rusak

Jika file yang rusak ternyata adalah file sistem, maka metode SFC Scan akan secara otomatis memperbaikinya. Untuk menggunakan metode ini cukup mudah, silahkan untuk membuka CMD (Command Prompt) sebagai Run as administrator. Kemudian, ketik perintah sfc/scannow lalu tekan Enter. Tidak membutuhkan waktu lama, hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit.

Jika proses pemindaian telah selesai dan tidak ditemukan file yang corrupt, Anda akan melihat pesan “Windows Resource Protection did not find any integrity violations“. Jika file corrupt terdeteksi, Anda akan melihat pesan “Windows Resource Protectio found corrupt files but was unable to fix some of them“.

Untuk mengatasi file corrupt, Anda harus masuk ke Safe Mode. Silahkan Restart laptop Anda, kemudian tekan F8 saat layar menyala pada keyboard. Tunggu sampai muncul menu Advanced boot options, kemudian gunakan tombol panah pada keyboard buat memilih tipe Safe Mode. Sesudah masuk ke Safe Mode, buka kembali Command Prompt serta ketik perintah sfc/ scannow.

5. Gunakan Software Repair Tools

5 Cara Mengatasi File Corrupt atau Rusak

Jika keempat cara diatas tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba langkah terakhir ini untuk memperbaiki file corrupt. Cara ini menggunakan software pihak ketiga yang berbayar, meskipun ada versi gratis namun pada umumnya hanya versi demo yang diberikan dan hanya akan melaporkan kesalahan yang terjadi atau memperbaiki sebagian saja file yang rusak.

Baca Juga:  Cara Menghapus File Temporary

Ada beberapa software yang dapat digunakan sesuai dengan jenis file yang corrupt yang akan diperbaiki antara lain: File Repair, Repair Toolbox, Hetman File Repair, Digital Video Repair, Zip Repair, Office Fix, MP3 Repair Tool.

Kesimpulan

Itulah 5 cara memperbaiki file corrupt atau file rusak yang dapat Anda coba, mudah bukan? Semoga dengan mengikuti cara diatas file Anda kembali dibuka dengan normal. Tetapi, apabila file tidak bisa dibuka dengan baik, paling tidak Anda masih dapat melihat isi dari file yang corrupt tersebut. Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikan kepada teman atau keluarga.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar