5 Cara Optimasi Website On Page & SEO Friendly

Teknotes.id – Anda sedang mengalami masalah website lemot? Jika ya, Anda bisa menggunakan beberapa cara optimasi/mempercepat website di bawah ini untuk membantu meningkatkan kecepatan website. 

Berikut ini ulasan tentang 5 Cara Optimasi Website On Page & SEO Friendly yang bisa kamu simak agar website kamu menjadi cepat dan SEO friendly.

1. Gunakan tema yang ringan

Tema Ringan
https://id.wordpress.org/

Tema WordPress memiliki banyak elemen yang memanjakan mata seperti tampilan dinamis, slider side, ikon media sosial dan masih banyak lainnya. Tapi ingat jika menggunakan terlalu banyak elemen bisa menyebabkan server web Anda jadi melambat.

Pilihan terbaik agar server web tetap berjalan efektif adalah menggunakan tema ringan. Kamu bisa menggunakan tema bawan dari WordPress seperti Twenty Twenty atau kamu bisa mendownload di internet secara gratis.

2. Kurangi ukuran gambar

Smush
https://id.wordpress.org/

Gambar adalah kontributor utama peningkatan ukuran halaman web yang yang Anda jalankan. Agar tidak mengganggu sistem kerja website Anda bisa mengurangi ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya.

Kamu bisa mengoptimalkan gambar dengan menggunakan situs seperti TinyPNG, ILoveIMG dan lainnya. Dengan cara ini akan memakan waktu lama karena harus mengoptimalkan gambar satu persatu. Untungnya, saat ini sudah ada plugin yang bisa digunakan untuk optimasi gambar dengan efektif seperti WP Smush. 

3. Minimalkan file JS dan CSS

Autoptimize
https://id.wordpress.org/

Jika Anda menjalankan situs web Anda melalui platform online seperti Google, PageSpeed, ​​Insights, biasanya akan diberi tahu tentang meminimalkan ukuran file CSS dan JS Anda. Dengan adanya pemberitahuan itu Anda bisa meningkatkan kecepatan pemuatan situs dengan mengurangi jumlah panggilan CSS dan JS.

Kamu bisa gunakan bantuan plugin. Plugin yang paling populer adalah Autoptimize atau LiteSpeed Cache jika server kamu menggunakan LiteSpeed, dengan menggunakan plugin ini dapat dapat membantu mengoptimalkan CSS dan JS.

4. Gunakan CDN

CDN
Gambar: https://www.digitalocean.com/

Orang-orang yang mengunjungi situs web Anda tidak hanya dari wilayah Anda saja. Tapi juga termasuk orang-orang yang ada di seluruh dunia. Karena pengunjung tersebar ke berbagai daerah tentu sedikit banyak akan mempengaruhi kecepatan pemuatan website. 

Agar masalah ini bisa teratasi Anda bisa gunakan CDN. Ada banyak CDN (Content Delivery Networks) atau sering disebut jaringan pengiriman konten. Dengan menggunakan CDN bisa membantu kecepatan loading website dari berbagai negara.

Sebelum pengunjung membuka situs kamu, maka akan dialihkan terlebih dahulu ke CDN yang terletak di berbagai pusat data dari berbagai negara yang terdekat.

5. Aktifkan kompresi GZIP

GZip
Gambar: https://www.infokoding.com/

Mengompresi file di website kamu dapat menghemat banyak ruang disk. Cara ini akan secara efektif dapat mengurangi penggunaan bandwidth dan mempersingkat waktu yang loading dibutuhkan untuk mengakses situs web kamu.  Dengan melakukan cara ini bisa menurunkan penggunaan bandwidth. Anda dapat menggunakan plugin seperti PageSpeed ​​Ninja yang memungkinkan kompresi GZIP.

Kesimpulan

Itulah 5 Cara Optimasi Website On Page & SEO Friendly yang efektif untuk meningkatkan kecepatan website. Semoga membantu.

Tinggalkan komentar