6 Web Server Terbaik dan Terpopuler

Teknotes.id – Web Server digunakan untuk menghosting situs web, banyak server web berbasis Linux bersifat open source, dan oleh karena itu tidak sulit untuk menemukan berbagai jenis server web.

Artikel ini bermaksud untuk mencantumkan beberapa server web open source terbaik di luar sana. Jadi mari kita lihat 6 Web Server Terbaik dan Terpopuler yang tersedia saat ini.

1. Apache HTTP Server

Apache

Apache HTTP Server atau dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai Apache, Apache adalah server web gratis dan open source yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation dibawah Lisensi Apache Versi 2.

Apache telah berkembang pesat menjadi salah satu yang paling populer dan server web  yang banyak digunakan, menguasai lebih dari 37% dari semua situs web.

Apache ditulis dalam bahasa pemrograman C dan merupakan server web yang sangat dapat disesuaikan berkat banyaknya modul yang memperluas fungsionalitas server web.

Selain itu, Apache menyediakan dukungan multi-protocol seperti dukungan IPv4 dan IPv6 serta protokol HTTP, HTTP/2, dan HTTPS yang umum digunakan.

2. Nginx

Nginx

Nginx adalah server web yang berkinerja tinggi yang memiliki fungsi ganda sebagai penyeimbang beban, server proxy IMAP/POP3, dan gateway API.

Nginx dikembangkan oleh Igor Sysoev pada tahun 2004, Nginx semakin populer untuk mengungguli para pesaingnya dan menjadi salah satu server web yang paling stabil dan andal.

Nginx dapat menangani hingga 500.000 permintaan per detik dengan pemanfaatan CPU yang rendah, ini adalah server web paling ideal untuk menghosting situs web dengan traffic tinggi dan mengalahkan Apache.

3. Lighthttpd

Lighthttpd

Lighthttpd adalah server web single-threaded yang mampu dengan mudah menangani beberapa ratus permintaan per detik dan tetap menggunakan sumber daya sistem dengan mudah.

Ini memiliki jejak memori yang sangat rendah dibandingkan dengan server web lain dan menangani beban CPU. Juga disebut Lighty, ini adalah alternatif dari Apache Web Server.

4. LiteSpeed

LiteSpeed

LiteSpeed adalah server web yang ringan yang dikembangkan oleh LiteSpeed Industries Inc, dan kompatibel dengan fitur Apache yang umum digunakan.

LiteSpeed telah menjadi cukup populer dan mampu menangani ribuan koneksi bersamaan meskipun memiliki memori yang lebih kecil.

LiteSpeed dapat memuat file konfigurasi Apache secara langsung dan berfungsi sebagai pengganti drop-in untuk Apache sambil berintegrasi penuh dengan panel kontrol populer menggantikan Apache dalam waktu kurang dari 15 menit dengan nol waktu henti.

5. Caddy

Caddy

Caddy adalah server web multiplatform yang cepat dan kuat yang juga dapat bertindak sebagai reverse proxy, penyeimbang beban, dan gerbang API. Semuanya built-in tanpa ketergantungan dan aspek ini membuat Caddy mudah dipasang dan digunakan.

Secara default, Caddy mendukung HTTPS dan dengan mudah menangani pembaruan sertifikat SSL/TLS. Web server ini menawarkan dukungan penuh untuk IPv6 dan HTTP/2 untuk mengaktifkan permintaan HTTP cepat.

6. Hiawatha

Hiawatha

Hiawatha adalah server web ringan dan aman yang dibuat untuk kecepatan, keamanan, dan kemudahan penggunaan. Di tulis dalam bahasa pemrograman C, kode dan fiturnya sangat aman dan dapat menangkal serangan XSS dan injeksi SQL.

Mudah dipasang dan dilengkapi dengan dokumentasi yang cukup untuk memandu Anda dan memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan. Hiawatha direkomendasikan untuk sistem tertanam atau server lama yang memiliki spesifikasi rendah.

Kesimpulan

Jika Anda merasa kami tidak menulis satu server web yang seharusnya ditampilkan dalah daftar ini, maka beritahu kami. Demikian artikel 6 Web Server Terbaik dan Terpopuler Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar