7 Aplikasi Membuat Server Localhost

Teknotes.id – Server web adalah sistem komputer yang memproses permintaan melalui HTTP, protokol jaringan dasar yang digunakan untuk mendistribusikan informasi di World Wide Web.

Banyak developer memanfaatkan localhost untuk tujuan mengembangkan atau pengujian aplikasi web sebelum aplikasi tersebut dipublikasikan dan digunakan oleh masyarakat luas.

Anda harus terlebih dahulu memilih server web untuk menghosting aplikasi, saat ini ada banyak host server PHP open source yang tersedia di internet yang memiliki fitur yang hampir sama.

Perangkat lunak ini menggunakan Apache dan Nginx sebagai web server dan MySQL sebagai manajemen database.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini artikel tentang 7 Aplikasi Membuat Server Localhost terbaik dan gratis.

1. Apa itu server Localhost?

Localhost adalah nama host di dunia jaringan komputer yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan yang berjalan di host menggunakan antarmuka jaringan looped, yang merupakan bentuk singkat dari perangkat loopback.

Antarmuka jaringan ini dan operasinya akan sama untuk semua sistem operasi apakah Anda menggunakan Windows, Linux, FreeBSD atau macOS.

1. XAMPP

7 Aplikasi Membuat Server Localhost

XAMPP adalah salah satu perangkat lunak gratis terbaik untuk membuat server web localhost dengan layanan PHP, Apache, dan MySQL yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apache Friends.

XAMPP adalah singkatan dari X (sistem operasi), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Aplikasi ini bersifat open source, gratis, serta dapat digunakan pada platform Windows, macOS, dan Linux.

Perangkat lunak ini adalah salah satu paket server PHP paling umum yang sering digunakan oleh para developer untuk mengembangkan situs web.

Baca Juga:  Source Code Widget Virus Corona atau COVID-19

Aplikasi ini memiliki versi terbaru dari Apache, MariaDB, PHP, phpMyAdmin, OpenSSL, XAMPP Control Panel, Webalizer, Mercury Mail Transport System, FileZilla, FTP Server, Tomcat, dan Strawberry Perl Portable.

2. AMPPS

7 Aplikasi Membuat Server Localhost

AMPPS adalah pilihan terbaik yang tidak hanya untuk membuat server localhost, tetapi juga untuk menginstal berbagai CMS open source, ecommerce, database manager, dan lain sebagainya.

Melalui integrasi Softaculous pengguna dapat menjalankan berbagai skrip yang telah di konfigurasi sebelumnya untuk menginstal perangkat lunak web open source.

Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan ikon bar akses cepat untuk memulai dan menghentikan layanan Apache dan MySQL. Anda juga dapat menggunakan Nginx jika tidak bisa menggunakan Apache.

Perangkat lunak ini menawarkan banyak program seperti Apache, MySQL, MongoDB, PHP, Perl, Python dan Softacuolus.

3. WampServer

7 Aplikasi Membuat Server Localhost

WAMP adalah web server yang berbasis di sistem operasi Windows. WAMP adalah singkatan dari Windows, Apache, MySQL, dan PHP.

Seperti namanya, perangkat lunak ini hanya bisa digunakan di sistem operasi Windows dan tidak tersedia untuk macOS dan Linux.

Selain Apache, PHP dan MySQL, aplikasi ini juga menawarkan phpMyAdmin untuk mengelola database dengan mudah.

4. MAMP

7 Aplikasi Membuat Server Localhost

MAMP yang merupakan singkatan dari Macintosh, Apache, MySQL, dan PHP. Pada dasarnya, ini adalah perangkat lunak ringan yang tersedia untuk macOS dan Windows.

Perangkat lunak ini gratis, tetapi ada juga versi premium yang tersedia multi-PHP, kemampuan untuk mengatur sejumlah server virtual, dan opsi untuk menginstal WordPress secara otomatis.

Untuk server web menggunakan Apache dan Nginx, untuk mengelola database dapat menggunakan MySQL atau MariaDB.

Selain itu, perangkat lunak ini juga menawarkan bahasa pengembangan web seperti PHP, Perl, dan Python atau Ruby.

Baca Juga:  4 Aplikasi Android Yang Bisa Digunakan Untuk Ngoding

Anda juga dapat melakukan pembayaran untuk menambahkan fitur lebih seperti Cloud MAMP ke host cadangan dan database, yang dapat membantu pengguna untuk dengan mudah memindahkan data dengan cara yang paling aman.

5. LAMP

LAMP

LAMP adalah singkatan dari Linux, Apache, MySQL, dan PHP. Perangkat lunak open source yang dapat diunduh dan diinstal secara pribadi.

Aplikasi ini dikhususkan untuk pengembang aplikasi web pada sistem operasi Linux yang memiliki server web Apache.

Untuk pemula, LAMP sedikit sulit dengan berbagai pengaturan yang rumit sehingga bisa membingungkan orang yang tidak berpengalaman.

6. DesktopServer

DesktopServer

Perangkat lunak ini dikembangkan untuk berjalan di Windows yang dioptimalkan untuk mendukung Apache, MySQL, dan PHP untuk menjalankan CMS WordPress.

Ini juga mendukung SSL dan dilengkapi dengan konfigurasi kustom sederhana untuk menyebarkan situs web berbasis WordPress dalam hitungan detik.

Selain berjalan pada sistem operasi Windows, perangkat lunak web DesktopServer juga dapat digunakan di macOS.

Sayangnya, Anda harus meningkatkan ke versi premium untuk mengatur web multisite. Untuk versi gratis Anda hanya diperbolehkan tiga instalan WordPress.

7. EasyPHP

EasyPHP

EasyPHP memiliki fitur seperti Apache, MysQL, phpMyAdmin dan program lainnya, yang diperlukan untuk membuat server PHP lengkap.

Perangkat lunak ini memiliki konfigurasi IP, router, dan firewall bawaan yang menjadikannya hosting pribadi yang aman.

Bagian terbaik dari perangkat lunak ini adalah memiliki server portabel, Anda dapat menaruhnya dalam Flashdrive dan membuat server lokal di mana saja.

Kesimpulan

Mana server localhost terbaik? Semua server localhost yang dalam daftar 7 Aplikasi Membuat Server Localhost adalah yang terbaik di bidangnya.

WAMP adalah yang terbaik untuk Windows, LAMP adalah yang terbaik untuk Linux. Demikian pula, MAMP adalah yang terbaik untuk macOS, dan XAMPP adalah yang terbaik untuk semua sistem operasi.

Baca Juga:  Tutorial Membuat CRUD PHP 5 Dengan MySQL #PartCreate

Demikian artikel tentang 7 Aplikasi Membuat Server Localhost terbaik dan gratis. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat, tunggu konten kami selanjutnya ya.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar