7 Tool Cek Kecepatan Website

Teknotes.id – Kecepatan halaman dapat mempengaruhi performa situs web, mulai dari user experience atau pengalaman pengguna hingga pengoptimalan seach engine.

Anda harus menguji tes kecepatan situs web pada tool-tool dibawah ini. Kebanyakan pemula tidak tahu harus mulai dari mana dan apa yang harus dicari dalam tes kecepatan situs web mereka.

Ada banyak sekali tool uji kecepatan situs web online yang dapat Anda gunakan. Namun, semuanya menyajikan hasil dengan cara yang tidak dapat dipahami oleh pengguna yang tidak paham teknologi.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan 7 Tool Cek Kecepatan Website terbaik untuk menjalankan uji kecepatan website Anda.

1. GTmetrix

gtmetrix

GTmetrix adalah tool online untuk menguji kecepatan halaman dari suatu web. Tool ini menawarkan wawasan gratis tentang kinerja halaman tanpa biaya alias gratis dan tanpa perlu melakukan pendaftaraan untuk menggunakan tool ini.

Anda hanya cukup mengunjungi situs webnya, salin URL halaman yang ingin Anda analisis dan lihat hasilnya. Jika Anda membutuhkan pemantauan yang lebih rinci, buat akun gratis atau mendaftar untuk versi berbayar.

Tool ini menampilkan mencakup skon kinerja, yang diwakili oleh nilai dari A hingga F untuk kecepatan halaman dan YSlow (alat yang memberi tahu Anda mengapa halaman Anda lambat).

Selain itu, GTmetrix memberikan detail halaman seperti waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman, ukuran totalnya, dan jumlah permintaan.

2. WebPage Test

webpage test

WebPage Test adalah tool pengujian gratis yang menjalankan uji kecepatan dari berbagai lokasi diseluruh dunia.

Ini memperhitungkan jenis browser, perangkat, kecepatan koneksi, dan status cache yang dimiliki pengguna untuk mendapatkan hasil yang konkret.

Tool ini menawarkan pengujian lanjutan dan langsung, perbandingan visual, dan pemeriksaan traceroute.

Situs ini melakukan pengujian lanjutan yang memungkinkan Anda untuk memutuskan jumlah pengujian yang ingin Anda jalankan, mendapatkan tampilan halaman web pertama dan berulang, dan merekam video kemajuan visual saat memuat.

3. Google PageSpeed Insight

google page speed

Google PageSpeed Insight adalah tool pengujian kecepatan halaman gratis yang luar biasa, Anda hanya memasukan URL halaman yang ingin Anda periksa.

Kemudian tool ini memberi Anda skor keseluruhan untuk kecepatan halaman. Berdasarkan skor tersebut, memberi tahu Anda apakah halaman web cepat, rata-rata, atau lambat.

Ada dua skor berbeda yang dapat Anda peroleh, pertama berdasarkan kinerja seluler situs web dan kedua berdasarkan kinerja desktopnya. Fungsi lain tool ini adalah memberikan Anda saran tentang cara mengoptimalkan waktu respons.

4. Pingdom

pingdom

Pingdom adalah salah satu tool yang melayani pemantauan kinerja terbaik untuk kategori dibidang bisnis. Tool ini menyediakan pemantauan kinerja web dan peringatan uptime dari menit ke menit.

Situs ini memberikan wawasan mendalam tentang kecepatan halaman dan ekspektasi kinerja dengan pemberitahuan SMS atau email.

Namin, tool ini tidak memiliki versi gratis. Jika Anda tidak yakin untuk berkomitmen untuk berlangganan, coba gunakan uji coba gratis selama 14 hari.

5. Uptime

uptime

Uptime adalah alat pemantauan untuk situs web, server, dan domain. Tool ini menawarkan perangkat lunak untuk pemantauan server, pemantauan kecepatan halaman, pemantauan pengguna nyatam dan layanan lainnya.

Situs ini memiliki empat paket berbeda untuk dipilih, dan sayangnya tool ini tidak ada yang gratis. Paket dasar hanya kemcakup 20 cek, sedangkan paket perusahaan menawarkan hingga 500 cek. Gunakan untuk menguji alat dan putuskan apakah itu investasi yang baik untuk bisnis Anda.

6. Varvy Pagespeed Optimization

varvy page speed

Varvy Pagespeed Optimization adalah tool gratis online yang digunakan untuk mengoptimalkan kecepatan. Anda hanya memasukan URL halaman web, kemudian Anda mendapatkan ringkasan dan laporan 5 bagian.

Laporan tersebut memeriksa masalah sumber daya, CSS, penggunaan JavaScript, layanan, dan kecepatan halaman Anda. Tool ini memiliki keseluruhan bagian yang didedikasikan untuk SEO dan panduan pengoptimalan seluler.

7. Site 24×7

site 24x7

Site 24×7 adalah tool anternatif Pingdom yang menawarkan versi gratis, bersama dengan paket premium. Tool ini menyediakan fitur pemantauan situs web, jaringan, server, dan aplikasi.

Umpan balik pengguna untuk pemantauan pengguna nyata juga disertakan. Anda dapat menggunakannya di Windows, Linux, FreeBSD, dan OS X.

Paket berbayar mencakup lima monitor server lengkap dan 50 peringatan per bulan. Versi gratisnya terbatas pada 5 monitor uptime server dan sepuluh peringatan per bulan.

Kesimpulan

Dengan menggunakan bantuan alat ini, Anda dapat memantau kecepatan dan kinerja situs web Anda.

Pilih salah satu atau semuanya untuk dijadikan pandaun untuk memperbaiki atau pengoptimalan kecepatan yang lambat. Manfaatkan juga uji coba gratis. Demikian artikel tentang 7 Tool Cek Kecepatan Website terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar