8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik

Teknotes.id – Virus malware menjadi ancaman online paling signifikan yang menimbulkan ancaman besar bagi pengguna komputer, terutama jika terhubung ke internet.

Hal ini menyebabkan pengembangan beberapa aplikasi anti-malware, termasuk pemindai virus online.

Melalui situs web ini, kamu dapat mengunggah file untuk melihat apakah file tersebut dapat menjadi ancaman bagi komputer kamu atau tidak.

Berikut ini daftar 8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik yang dapat kamu gunakan tanpa perlu untuk mengunduh dan menginstalnya, dan benar-benar gratis.

Apa Itu Pemindai Virus Online

Pemindai virus online adalah program kecil yang dapat diunduh atau digunakan secara online melalui situs web.

Ini adalah file yang dapat di eksekusi yang berjalan seperti aplikasi portabel. Aplikasi ini dapat berkomunikasi dengan situs pembuat aplikasi untuk mendapatkan definisi virus atau mengirim hasilnya ke server mereka untuk analisis.

Ada banyak opsi untuk dipilih, namun kami telah merangkum aplikasi scan virus online terbaik yang benar-benar gratis dan tanpa mengunduh.

1. VirusTotal

8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik

VirusTotal adalah pemindai virus online dengan antarmuka pengguna yang sederhana yang dapat mengunggah file tertentu ke VirusTotal agar dipindai oleh berbagai mesin antivirus.

Di halaman web resminya, pengguna dapat memilih untuk mengunggah file ZIP dan RAR yang mencurigakan hingga 650 MB

Selain itu juga didukung URL pemindaian, alamat IP, domain, atau hash file untuk kemungkinan ancaman online.

Pengguna juga dapat menggunakan VirusTotal untuk memindai dan menghapus virus dari perangkat seluler.

Baca Juga:  11 Aplikasi Transfer File Terbaik dan Tercepat

Eksetensi browser juga tersedia untuk pengguna Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge. Fitur lainnya juga dapat menggunakan email, yang berarti bahwa kamu dapat melampirkan file ke pesan dan mengirimnya ke scan@virustotal.com untuk memindainya.

2. Kaspersky VirusDesk

8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik

Kaspersky juga memiliki pemindai virus online, yang mendukung file dan URL. File yang kamu unggah ke pemindai virus online ini bisa sebesar 256 MB.

Situs web mudah digunakan, cukup tempelkan link atau pilih ikon lampiran untuk mengunggah file.

Menekan SCAN memulai pemindaian virus dan hasilnya ditampilkan pada halaman yang sama.

Jika ancaman terdeteksi, Kaspersky VirusDesk akan menampilkan pesan Threats detected in <file> dan menunjukkan nama ancaman dan detail lainnya. Jika tidak, kamu akan melihat pesan No threats detected.

3. OPSWAT MetaDefender Cloud

8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik

MetaDefender Cloud adalah alat pemindai dan penghapusan virus jarak jauh yang memindai file, URL, alamat IP, Domain, Hash, atau CVE untuk ancaman menggunakan sejumlah teknologi termasuk DLP Proaktif, Sandbox, Intelijen ancaman, dan Multi-pemindaian.

Pengguna mengunggah file yang mencurigakan ke MetaDefender Cloud dan tunggu laporan pemindaian komprehensif yang dikirim ke alamat email pengguna.

Situs ini memungkinkan file hingga 140 MB diunggah dan dipindai terhadap lebih dari 30 mesin antivirus yang berbeda sekaligus. Termasuk yang digunakan oleh vendor populer seperti Microsoft, Kaspersky, McAfee, dan AVG.

Beberapa file yang dapat dipindai oleh MetaDefender Cloud seperti 7z, Exe, dan Zip. Selain itu juga dapat memindai file lain seperti gambar, video, dan dokumen.

Hasilnya sangat mudah dibaca, tanda centang hijau cerah ditempatkan di samping setiap mesin antivirus yang mengidentifikasi file sebagai aman, dan tanda merah dengan nama virus jika ditemukan berbahaya.

Baca Juga:  Rekomendasi Template atau Theme Toko Online WordPress

4. Avira

8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik

Avira adalah pemindai virus online yang menggunakan mesin antivirus yang sama dengan program Avira AntiVirus yang populer untuk memindai file dan URL yang dikirimkan melalui formulir online.

Formulir meminta detail kontak kamu sehingga URL hasilnya dapat dikirimkan kepada kamu. Maksimal lima file masing-masing tidak lebih besar dari 50 MB dapat diunggah.

5. FortiGuard Online Scanner

8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik

FortiGuard Online Scanner adalah situs pemindai virus online, kamu cukup mengunggah file, masukkan nama dan alamat email.

Setelah kamu mengirimkan file untuk ditinjau, tunggu hingga halaman di-refresh dan kamu akan melihat hasilnya di bagian atas. File yang dapat diunggah ke pemindai virus online ini hanya bisa sebesar 10 MB.

6. NoDistribute

8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik

NoDistribute adalah pemindai virus online gratis yang memindai file yang diunggah, URL, domain, dll untuk ancaman menggunakan lebih dari 35 mesin antivirus.

NoDistribute menggunakan mesin antivirus yang dimodifikasi yang tidak mengizinkan berbagi atau mendistribusikan hasil pemindaian di antara mesin antivirus.

Kelemahan utama menggunakan NoDistribute adalah tidak membuat hasil pemindaian tersedia bagi peneliti untuk tujuan penelitian.

7. Jotti’s Malware Scan

8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik

Jotti’s Malware Scan menggunakan beberapa program antivirus untuk memindai file mencurigakan yang diunggah ke cloud-nya.

Hasil pemindaian virus dibagikan di antara mesin antivirus yang berpartisipasi untuk memperbarui database virus mereka.

Jotti memungkinkan maksimum 250 MB per unggahan file dan memungkinkan pengguna untuk mengunggah hingga lima jenis file mencurigakan dengan ukuran yang sama untuk pemindaian virus dan malware.

Status tanggal dan deteksi pemindaian setiap mesin antivirus ditampilkan dalam daftar yang mudah dibaca sehingga kamu dapat dengan jelas melihat mana yang berbahaya dan tidak.

Baca Juga:  7 Aplikasi Live Streaming PC

Joti.org juga menyertakan pencarian hash jika kamu ingin tidak mengungah file, masukkan fungsi hash kriptografi MD5 or SHA-1/256/512 dari file.

Ini hanya akan berfungsi jika file dipindai oleh Jotti pada tanggal sebelumnya, oleh kamu atau orang lain.

8. SafetyDetective Vulnerabilities Scanner

8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik

SafetyDetective Vulnerabilities Scanner adalah salah satu pemindai virus online yang terbaik. Ini adalah cara cepat dan aman untuk memindai program atau file yang berjalan di komputer kamu.

Alat ini dikembangkan dengan dukungan database CVE (Common Vulnerabilities and Exposures). Database terbesar di dunia dari kerentanan keamanan siber yang diketahui.

Ketika kita membuka situs resminya, maka SafetyDetective akan memindai secara otomatis dan pemindaian selesai dalam hitungan detik.

Kesimpulan

Pemindai virus gratis online yang kami tulis di atas menggabungkan beragam fitur. Oleh karena itu, pengguna harus memilih pemindai virus online ideal berdasarkan preferensi kebutuhan.

Sebagai informasi, bahwa pemindai virus online tidak bisa digunakan sebagai pengganti program antivirus seperti: Windows Defender.

Demikian artikel 8 Aplikasi Scan Virus Online Terbaik. Jika kami melewati aplikasi yang seharusnya ada di daftar silahkan beritahu kami pada kolom komentar. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat, tunggu konten kami selanjutnya ya.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar