Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Teknotes.id – Blue screen, stop error, atau crash sistem pada laptop atau komputer pada umumnya dikenal sebagai Blue Screen of Death (BSoD), hal ini bisa terjadi karena saat upgrade OS ke versi yang baru. Ketika Anda menyalakan laptop, kemudian yang akan muncul layar biru ketika menggunakan Windows 10.

Bagian yang paling membuat frustasi dari semuanya adalah Anda hanya akan melihat latar belakang biru yang solid dan wajah karakter yang menyedihkan tanpa informasi yang relevan penyebab sebenarnya dari masalah tersebut.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi blue screen tergantung dari apa penyebabnya. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda untuk mengatasi blue screen pada laptop dengan beberapa langkah pemecahan masalah.

Apa itu Blue Screen

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Pesan error blue screen tersebut berbunyi Your PC ran into a problem and needs to restart. We’re just collecting some error info, and then we’ll restart for you.

Blue Screen adalah error fatal yang sering terjadi pada sistem operasi Windows sehingga Windows tidak bisa berjalan secara normal, hal ini terjadi secara tidak terduga dan bisa terjadi kapan saja. BSoD bisa dialami oleh berbagai versi Windows seperti: Windows NT, Windows 2000, Windows Vista, Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Ketika BSoD terjadi, laptop atau komputer yang mengalami blue screen biasanya akan melakukan auto restart, yang dimana nantinya laptop akan kembali berjalan normal.

Baca Juga:  Cara Membuat Bootable Windows 10 Dengan Rufus

Penyebab Blue Screen

Ada banyak penyebab terjadinya BSoD pada laptop atau komputer kita. Tidak hanya upgrade OS ke versi yang baru, pemicu layar laptop biru juga bisa disebabkan karena aplikasi pihak ketiga, seperti perangkat lunak antivirus dan perangkat keras yang tidak kompatibel.

1. Restart Laptop atau Komputer

Cara yang pertama adalah cara yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan orang untuk mengatasi blue screen, yaitu melakukan restart pada laptop atau komputer. Apabila laptop belum mengalami kerusakan yang fatal, maka setelah melakukan booting laptop akan kembali berjalan normal.

2. Melakukan System Restore

Metode ini dapat dilakukan ketika masalah sudah masuk kategori fatal, yaitu apabila sudah melakukan restart namun laptop tidak bisa kembali berjalan normal. Untuk melakukan cara ini, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah-langkah berikut.

2.1 Langkah 1

Tekan Windows + R pada keyboard, kemudian ketik SystemPropertiesProtection.

2.2 Langkah 2

Setelah System Properties terbuka, silahkan klik System Restore.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

2.3 Langkah 3

Kemudian Anda akan dibawa ke wizard System Restore, selanjutnya klik Next.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

2.4 Langkah 4

Pilih Restore point yang akan digunakan untuk restore, pastikan untuk memilih restore point terdekat dan klik Next.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

2.5 Langkah 5

Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi apakah benar Anda akan menerapkan system restore ke restore point tersebut, jika sudah yakin klik Finish.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

2.6 Langkah 6

Secara otomatis laptop akan melakukan restart dengan sendirinya.

3. Instal Ulang Driver VGA

Driver VGA menjadi yang paling sering melakukan running pada sistem operasi Windows, jika terjadi corrupt atau rusak bisa menyebabkan gagal fungsi dan menjadi error pada Windows 10. Untuk melakukan cara ini silahkan melakukan reinstall driver VGA atau update ke versi yang paling terbaru.

Baca Juga:  4 Tips Meningkatkan Performa Laptop Lemot Agar Kencang

4. Hapus Aplikasi yang Terakhir Diinstal

Silahkan untuk melakukan uninstall pada aplikasi terakhir yang diinstal, permasalahan ini umumnya dikarenakan adanya crash pada aplikasi karena tidak kompatibel atau tidak cocok.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

5. Scan Malware

Malware dapat jadi pemicu blue screen pada Windows, perihal ini dikarenakan bisa merusak bagian vital dari Windows. Alangkah baiknya untuk melakukan scanning secara menyeluruh menggunakan Windows Defender.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

6. Memeriksa Hardware

Untuk menggunakan metode ini silahkan tekan Windows, lalu ketik memory diagnostic dan tekan Enter. Setelah itu terdapat dua opsi, silahkan untuk memilih opsi Restart now and check fo problems. Maka secara otomatis laptop Anda akan melakukan restart dan memulai mengecek RAM laptop Anda. Untuk mengecek perangkat keras lain, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Speccy.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Atau cara lainnya yaitu periksalah hardware laptop atau komputer yang mengalami kerusakan, hal ini bisa terjadi disebabkan salah satu komponen laptop ada yang rusak karena suatu hal. Jika Anda tidak mengerti tentang ini, bawalah ke tempat service yang mengerti tentang komponen. Biasanya blue screen disebabkan dari RAM atau VGA, jika Anda sudah tahu kerusakannya pada bagian mana segeralah ganti yang baru agar bisa memperbaiki blue screen.

7. Gunakan Troubleshoot

Troubleshoot merupakan pemecah masalah yang diciptakan untuk mengidentifikasi atau menemukan, bahkan memperbaiki masalah sistem operasi Windows secara otomatis.

7.1 Langkah 1

Buka Control Panel, lalu Klik System and Security

7.2 Langkah 2

Klik Security and Maintenance.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

7.3 Langkah 3

Kemudian akan muncul dua opsi: Security dan Maintenance, silahkan pilih opsi Maintenance.

7.4 Langkah 4

Berikutnya klik Start Maintenance untuk memulai perbaikan sistem.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

8. Update Sistem Operasi Windows 10

Biasanya blue screen terjadi disebabkan karena sistem operasi Windows belum versi terbaru, beberapa pengguna Windows 10 mengeluhkan mengalami blue screen di versi tertentu. Setelah ditelusuri penyebabnya, ternyata ini terjadi karena sistem operasi Windows yang digunakan memiliki bug. Oleh karena itu, kami merekomendasikan untuk melakukan update Windows 10 Anda.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

9. Instal Ulang Windows

Cara ini bisa terbilang cukup ampuh untuk menciptakan kembali sistem operasi Windows, dan pastikan juga sistem operasi yang digunakan terbilang baru sesuai spek yang direkomendasikan. Sebelum menggunakan metode ini, silahkan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Password Login Windows 11

Kesimpulan

Mendapatkan kesalahan BSoD pada Windows 10 bisa menjadi pengalaman yang membuat frustasi, tetapi seperti yang Anda lihat dalam panduan ini, ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah dan memperbaiki masalah. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki blue screen pada laptop atau komputer.

Jika Anda masih belum dapat menyelesaikan masalah ini, Anda juga dapat meminta bantuan teknisi yang lebih mengerti permasalahan tersebut. Apabila artikel ini bermanfaat bagi Anda, silahkan untuk membagikan kepada keluarga atau teman, terima kasih.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar