Pengertian CRUD (Create, Read, Update, Delete)

Teknotes.id – CRUD adalah akronim untuk Create, Read, Update, Delete adalah basic atau dasar yang harus dikuasai oleh para programmer.

Nantinya para programmer membuat aplikasi yang mendukung fitur CRUD. Hampir semua aplikasi yang sering kita gunakan mempunyai fitur CRUD.

Fitur CRUD sangat berguna bagi pengguna aplikasi yang dibuat. Dengan adanya CRUD pengguna tidak perlu repot misalkan ingin menambah data atau menghapus data.

Dengan adanya fitur CRUD semuanya menjadi mudah, operasi CRUD adalah manipulasi data dasar untuk database. Berikut ini adalah Pengertian CRUD (Create, Read, Update, Delete).

1. Create

Create diartikan membuat atau menambahkan, membuat atau menambahkan data menggunakan aplikasi yang sudah dibuat, ketika kita menambahkan data diaplikasi nantinya akan otomatis akan masuk kedalam database yang sudah dibuat.

2. Read

Read diartikan menampilkan atau membaca, menampilkan atau membaca data kita tidak perlu repot untuk menampilkan data cukup dilihat menggunakan aplikasi data mana yang ingin ditampilkan maka akan tertampil.

3. Update

Update diartikan mengubah, kita tidak perlu repot ketika ingin mengubah data, cukup menggunakan aplikasi maka akan terubah dan database otomatis akan terubah.

4. Delete

Delete diartikan menghapus, fitur ini digunakan untuk menghapus data yang tidak diperlukan. Kita tidak perlu repot ketika ingin menghapus data, tidak perlu menghapus data lewat database.

Penutup

Fitur CRUD memang wajib harus ada dalam setiap aplikasi, karena memudahkan para pengguna ketika akan Create membuat, Read membaca atau menampilkan, Update mengubah, Delete menghapus tanpa perlu membuka database.

Demikian ulasan Pengertian CRUD (Create, Read, Update, Delete), apabila ada saran silahkan komentar, terima kasih telah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar