Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

Teknotes.id – Ketika Anda membeli sebuah laptop baru atau bekas biasanya penjual memberikan paket instalasi Windows 10 dan aplikasi lainnya, bisa dikatakan paket bundling. Tapi pernahkah Anda memeriksa apakah laptop baru Anda menggunakan Windows 10 asli atau bajakan.

Sebagai pengguna Windows 10, tentunya Anda ingin mengetahui apakah Windows 10 yang Anda gunakan asli atau bajakan, apalagi jika laptop yang Anda gunakan sudah terinstal Windows 10 dari awal pembelian. Untuk memastikan Windows asli atau bajakan ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeceknya.

Cara membedakan Windows 10 asli dan bajakan cukup sulit dilakukan karena sekilas tidak ada perbedaan. Pengguna yang menggunakan Windows 10 bajakan biasanya tidak akan melihat perbedaan yang signifikan saat menggunakan laptop lain yang menggunakan Windows 10 asli, begitu juga sebaliknya.

Satu-satunya perbedaan antara Windows 10 asli dengan bajakan adalah: Windows 10 asli yang Anda beli dari Microsoft atau distributor resmi bersifat asli atau original, sedangkan versi bajakan adalah versi Windows 10 yang Anda dapatkan secara gratis dan diaktifkan oleh memasuki lisensi bajakan atau crack.

Perbedaan lainnya adalah, Windows 10 bajakan kemungkinan akan diselipkan malware yang membuat iklan muncul saat Anda menggunakannya, atau lebih parahnya lagi disisipi malware yang bisa mencuri data Anda. Sementara Windows 10 asli aman dari semua itu.

Windows 10 yang diaktifkan dengan cara cracking atau menggunakan aktivator tanpa lisensi resmi juga dapat dideteksi sebagai Windows bajakan setiap saat. Ketika hal ini terjadi, ciri-cirinya adalah Anda akan mendapatkan notifikasi yang bertuliskan Activate Windows: Go to Settings to Activate Windows di sisi kanan bawah layar.

Baca Juga:  10 Aplikasi RAR Komputer

Ikuti panduan di bawah ini sampai akhir untuk mengetahui lebih lanjut tentang Windows asli atau bajakan. Di sini saya akan menjelaskan tiga metode mudah untuk memeriksa apakah laptop Anda menggunakan Windows asli atau bajakan.

1. Cara Memeriksa Windows Asli atau Bajakan menggunakan Settings

Ini adalah cara termudah untuk memeriksa apakah Windows 10 yang di laptop Anda asli atau bajakan menggunakan Settings.

1.1 Langkah 1

Klik logo Windows, lalu klik Settings. Atau Anda juga bisa menggunakan Windows + I secara bersamaan pada keyboard.

Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

1.2 Langkah 2

Setelah Windows Settings terbuka, selanjutnya klik Update & Security.

Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

1.3 Langkah 3

Pada panel sisi kiri silakan klik Activation, di menu ini Anda akan menemukan informasi Windows 10 diaktifkan dengan digital license yang berarti Windows tersebut asli.

Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

2. Cara Memeriksa Windows Asli atau Bajakan menggunakan Command Prompt

Cara kedua untuk mengecek Windows laptop Anda asli atau bajakan dengan menggunakan bantuan command prompt, pada cara ini Anda hanya perlu memasukkan perintah kode di cmd.

2.1 Langkah 1

Buka command prompt pada laptop Anda.

2.2 Langkah 2

Setelah terbuka, kemudian ketikan perintah di command prompt:

slmgr /xpr

2.3 Langkah 3

Jendela popup host skrip Windows 10 terbuka, dan Anda akan melihat pesan The machine is permanently activated. Itu berarti Windows 10 Anda asli. Jika menampilkan tanggal kedaluarsa, itu berarti Windows 10 Anda bajakan.

Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

3. Cara Memeriksa Windows Asli atau Bajakan menggunakan Run Toolbox

Cara ini hampir sama dengan command prompt, ini juga merupakan cara yang paling mudah diakses untuk memeriksa dengan mengetikkan beberapa perintah di kotak dialog.

Baca Juga:  Cara Menaikan Memory Limit Pada WordPress

3.1 Langkah 1

Tekan Windows + R pada keyboard secara bersamaan untuk membuka kotak dialog Run.

3.2 Langkah 2

Setelah terbuka, kemudian ketikan perintah di command prompt:

slmgr.vbs /dli
Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

3.3 Langkah 3

Sebuah popup Windows script host akan terbuka, jika Windows script host hanya menampilkan Name, Description, Partial Product Key, dan License Status. Itu berarti Windows Anda asli.

  • Pada Description: Tidak tertulis nama pembuat software selain Microsoft/Windows
  • Pada License Status: Tertulis Licensed berarti Windows 10 Anda asli
  • Tidak tertulis masa belaku atau tanggal kedaluarsa, jika Windows Anda bajakan, maka akan menampilkan aktivator pihak ketiga dengan tanggal pembaruan.
Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

Kesimpulan

Setelah Anda mengikuti panduan di atas, semoga Anda dapat membedakan Windows asli atau bajakan. Jadi Windows apa yang Anda pakai, asli atau bajakan, beritahu kami di kolom komentar ya. Oh ya kami menyarankan untuk menggunakan Windows asli karena akan jauh lebih baik, terutama untuk alasan keamanan.

Jika dirasa panduan ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan kepada keluarga atau teman, dan jika Anda mengalami kendala atau masalah jangan lupa untuk berdiskusi dengan kami di kolom komentar. Demikian Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan, terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat, nantikan artikel kami selanjutnya ya.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar