Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

Cara Custom Domain di Netlify

Teknotes.id – Jika Anda sudah mempunyai domain namun tidak mempunyai hosting, Anda dapat menggunakan layanan hosting gratis dari Netlify. Hosting dari Netlify dapat digunakan untuk membuat blog, portfolio, atau melakukan eksperimen.

Hosting gratis ini tidak dapat menginstal WordPress atau CMS lainnya, karena web yang dapat Anda deploy harus bersifat statis dan tidak memiliki database seperti MySQL. Anda dapat menggunakan fitur custom domain dari Netlify jika Anda tidak memiliki hosting pribadi.

Kami juga telah menerbitkan artikel Cara Deploy Website di Netlify menggunakan Github agar lebih mudah melakukan commit atau push ketika melakukan perubahan pada website.

Panduan ini akan memandu Anda Cara Custom Domain di Netlify, panduan ini ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti serta juga dilengkapi dengan gambar agar lebih mudah dipahami.

1. Login ke Akun Netlify

1.1 Langkah 1

Langkah pertama adalah masuk duku ke akun Netlify Anda. Anda dapat mengakses link https://app.netlify.com untuk melakukan login. Anda dapat login menggunakan salah satu metode yang tersedia seperti Github, Gitlab, Bitbucket, atau email.

Cara Deploy Website di Netlify

1.2 Langkah 2

Kami login menggunakan Github, jika Anda memiliki akun Github Anda dapat menggunakannya untuk masuk.

Cara Deploy Website di Netlify

2. Mengatur Domain

2.1 Langkah 1

Setelah berhasil melakukan login, selanjutnya pada halaman dashboard klik menu Sites untuk menentukan web mana yang akan Anda custom domain.

Cara Custom Domain di Netlify

2.2 Langkah 2

Pada langkah ini Anda dapat melakukan beberapa pengaturan seperti: Site settings dan Domain settings. Untuk melakukan custom domain, silakan klik Domain settings.

Cara Custom Domain di Netlify

3. Melakukan Custom Domain

3.1 Langkah 1

Baca Juga:  Cara Burning File ke CD Tanpa dan Dengan Software

Secara default, sebenarnya situs Anda dapat diakses melalui subdomain Netlify berdasarkan nama situs. Anda juga dapat melakukan custom domain, untuk melakukan custom domain silakan klik Add custom domain.

Cara Custom Domain di Netlify

3.2 Langkah 2

Pada langkah ini, Anda dapat memasukkan domain khusus yang sudah Anda miliki, atau Anda dapat membelinya yang baru.

Anda dapat menggunakan domain utama atau subdomain. Jika Anda ingin menggunakan domain utama maka tuliskan nama domain utama tersebut, jika menggunakan subdomain maka tuliskan subdomain.

Sebagai contoh kami akan menggunakan domain utama etgarkurniawan.com Masukan nama domain pada bidang Custom domain dan klik Verify.

Cara Custom Domain di Netlify

3.3 Langkah 3

Terdapat pemberitahuan bahwa domain yang dimasukkan telah terdaftar. Jika Anda yakin akan mendaftarkan nama domain yang dimasukkan, maka klik Add domain untuk menyambungkan ke Netlify.

Cara Custom Domain di Netlify

4. Melakukan Konfigurasi DNS

Selamat Anda telah berhasil melakukan custom domain di Netlify. Namun, domain tersebut belum dapat diakses, untuk dapat diakses Anda harus mengatur DNS terlebih dahulu.

Login ke penyedia domain dimana Anda membeli domain tersebut. Saya membeli domain di idcloudhost, jika Anda tertarik Anda dapat membelinya disini.

Setelah berhasil login, cari menu DNS Manager pada penyedia domain Anda. Kemudian tambahkan record sesuai dengan gambar di bawah ini.

Catatan:

IP Netlify: 104.198.14.52
Cara Custom Domain di Netlify

5. Mengarahkan Nameservers (NS)

Setelah berhasil melakukan konfigurasi DNS, langkah selanjutnya adalah mengarahkan nameservers (NS) ke Netlify.

Cari menu Manage Nameservers pada penyedia domain Anda. Kemudian arahkan nameservers sesuai gambar dibawah ini.

Nameservers:

dns1.p01.nsone.net
dns2.p01.nsone.net
dns3.p01.nsone.net
dns4.p01.nsone.net
Cara Custom Domain di Netlify

6. Menginstal SSL/TLS certificate

Aktifkan SSL untuk melindungi situs Anda dari malware dan ditandai sebagai Aman. Netlify sendiri memberikan SSL Let’s Encrypt gratis dan menginstalnya di CDN Netlify.

Baca Juga:  Situs Penyedia Template Website Gratis

6.1 Langkah 1

Kita kembali lagi ke situs Netlify, silakan scrool kebawah hingga menemukan bidang HTTPS. Setelah itu klik Verify DNS configuration.

Cara Custom Domain di Netlify

6.2 Langkah 2

Jika berhasil melakukan verifikasi DNS, maka akan ada informasi DNS verification was successful dan dengan simbol centang hijau.

Langkah selanjutnya adalah klik Provision certificate untuk mendapatkan sertifikat SSL.

Cara Custom Domain di Netlify

6.3 Langkah 3

Terdapat pop up yang memberikan informasi bahwa SSL Let’s Encrypt akan diinstalasi sepenuhnya secara otomatis. Kemudian klik Provision certificate.

Cara Custom Domain di Netlify

6.4 Langkah 4

Selamat, Anda telah berhasil menginstal SSL Let’s Encrypt untuk situs web Anda.

Cara Custom Domain di Netlify

Kesimpulan

Hore! Situs web Anda telah aktif dan dapat diakses, mudah bukan melakukan custom domain di Netlify.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman atau keluarga Anda. Apabila Anda memiliki kendala jangan ragu untuk berdiskusi dengan kami melalui kolom komentar dibawah ini.

Demikian artikel Cara Custom Domain di Netlify, terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai dan semoga bermanfaat. Nantikan artikel kami selanjutnya ya dan selamat mencoba.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar