Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

Cara Install Plugin di Photoshop

Teknotes.id – Photoshop adalah salah satu aplikasi pengeditan yang paling banyak orang gunakan karena memiliki fitur yang menakjubkan yang disediakan oleh Adobe Photoshop kepada pengguna. Terlepas dari fitur yang telah ada, pengguna juga dapat menambahkan alat atau tool yang dibutuhkan guna menunjang pengeditan.

Dalam hal ini, Adobe telah menambahkan fitur di Photoshop yang di sebut plugin. Plugin adalah program komputer yang terintegrasi ke dalam program lain untuk menambahkan fitur baru dan meningkatkan fungsi. Cara menambahkan plugin di Photoshop hampir sama di setiap versi yang berbeda dan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk menginstal plugin di Photoshop.

Banyak plugin Photoshop yang berisi file instalasi sehingga pengguna dapat secara otomatis menambahkan plugin di Photoshop 2020 atau versi lainnya dengan menjalankan file instalasi. Namun, ada beberapa plugin yang tidak memiliki file instalasi otomatis dan harus ditambahkan secara manual ke Photoshop. Adobe memungkinkan Anda untuk menginstal plugin untuk mendapatkan fitur tambahan seperti: filter, template, dan font baru.

Pastikan juga sebelum menginstal plugin di Photoshop, apakah plugin tersebut kompatibel dengan versi Photoshop atau tidak. Jika plugin yang di instal tidak kompatibel maka akan mengakibatkan plugin tersebut tidak dapat digunakan. Anda bisa mendapatkan plugin gratis maupun berbayar dari internet. Berikut ini langkah-langkah untuk menginstal plugin di Photoshop.

1. Instal Plugin di Photoshop Secara Manual

Setelah mengunduh plugin yang diinginkan, silakan untuk mengekstrak file tersebut. Jika plugin tidak memiliki mode instalasi otomatis, maka gunakan metode manual berikut ini.

1.1 Langkah 1

Buka aplikasi Photoshop Anda, setelah terbuka silakan klik menu File » Scripts » Browse.

Cara Install Plugin di Photoshop

1.2 Langkah 2

Baca Juga:  2 Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

Arahkan ke folder di mana tempat plugin yang Anda simpan. Pilih file bernama Installer.jsx. Jika folder tidak memiliki file seperti itu, maka Anda harus menggunakan metode kedua.

Cara Install Plugin di Photoshop

1.3 Langkah 3

Setelah berhasil menginstal plugin, akan muncul pesan yang meminta Anda untuk menutup aplikasi Photoshop dan menjalankannya kembali. Silakan untuk menutup aplikasi Photoshop dan buka lagi aplikasi tesebut.

1.4 Langkah 4

Sekarang Anda dapat menemukan dan menjalankan plugin Anda dari dari menu Windows » Extensions » Plugin yang ditambahkan. Pada gambar di bawah ini, Anda dapat melihat cara mengakses plugin setelah berhasil menginstal.

Cara Install Plugin di Photoshop

2. Instal Plugin Tidak Ada File Installer.jsx (Metode Kedua)

Metode ini digunakan dalam kasus di mana file Installer.jsx tidak tersedia di folder plugin karena alasan apa pun. Cara ini sedikit memerlukan banyak waktu, tapi kami telah mencoba memberikan Anda langkah-langkah dalam bahasa yang sederhana sehingga proses pemasangan plugin di Photoshop 2020 atau versi lain dapat dilakukan secepat dan semudah mungkin.

Pastikan Anda telah mengunduh plugin yang diinginkan, setelah mengunduh plugin yang diinginkan, silakan untuk mengekstrak file tersebut. berikut ini langkah-langkah untuk menginstal plugin di Photoshop secara manual.

2.1 Langkah 1

Buka folder Plugin dan salin isi folder bernama Manual_Installation.

2.2 Langkah 2

Jika Anda menggunakan Photoshop CC versi 2014 hingga 2018 atau versi yang lebih baru:

  • Di Mac, salin folder ke:

/ Library / ApplicationSupport  / Adobe / CEP / extensions

  • Di Windows 7, 8, 10, salin folder versi 64-bit ke:

/ C: / ProgramFiles (x86) / CommonFiles / Adobe / CEP / extensions

  • Di Windows 7, 8, 10, salin folder versi 32-bit ke:

/ C: / ProgramFiles / CommonFiles / Adobe / CEP / extensions

2.3 Langkah 3

Jika Anda menggunakan Photoshop CC.

  • Di Mac, salin folder ke
Baca Juga:  Cara Membuat Hotspot di Laptop

/ Library / ApplicationSupport / Adobe / CEPServiceManager4 / extensions /

  • Di Windows 7, 8, 10, salin folder versi 64-bit ke:

/ C: / ProgramFiles (x86) / CommonFiles / Adobe / CEPServiceManager4 / extensions /

  • Di Windows 7, 8, 10, salin folder versi 32-bit ke:

/ C: / ProgramFiles / CommonFiles / Adobe / CEPServiceManager4 / extensions /

2.4 Langkah 4

Sekarang, jika Photoshop masih terbuka, Silakan untuk menutup aplikasi Photoshop dan buka lagi aplikasi tesebut.

2.5 Langkah 5

Anda sekarang dapat melihat dan menjalankan plugin Anda dari bagian Windows -> Extensions. Pada gambar di bawah ini, Anda dapat melihat cara mengakses plugin setelah menginstalnya di Photoshop.

Cara Install Plugin di Photoshop

Kesimpulan

Pastikan Anda menginstal plugin yang dibutuhkan saja, jika terlalu banyak akan membuat Photoshop Anda menjadi lemot dan berat. Jika dirasa artikel ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan nantikan artikel kami selanjutnya.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar