Cara Install WordPress di Android

Teknotes.id – WordPress adalah CMS paling populer yang digunakan oleh jutaan situs web di internet. Jika Anda baru mengenal WordPress dan ingin mempelajarinya, maka cara terbaik untuk memulai adalah dengan menginstalnya di ponsel Android Anda.

Tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membeli server web dan domain. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari tentang cara membuat postingan, membuat halaman, menginstal plugin, dan menginstal tema.

Berikut ini langkah-langkah Cara Install WordPress di Android yang bisa kamu ikuti sebagai panduan.

1. Requirtment

Sebelum kita ke langkah-langkahnya, pertama-tama mari buat daftar hal-hal yang Anda perlukan untuk menyiapkan WordPress di ponsel Android.

  1. Server Web
  2. Database
  3. phpMyAmin
  4. File WordPress

Setelah membuat daftar hal-hal yang diperlukan, saatnya kita memulai langkah-langkahnya untuk meng install WordPress di Andorid Anda.

1. Web Server

Anda perlu web server untuk menjalankan WordPress di Andorid. Kita menggunakan aplikasi yang bernama KSWEB. Aplikasi ini mencakup server, PHP, database MySQL, FTP, dan modul web lainnya.

Hanya dengan satu klik, Anda dapat membuat server lokal di ponsel Android Anda. Ada tiga server web yang tersedia, yakni: Nginx, Apache, dan Lighttpd. Anda dapat mendownloadnya di Google Play Store atau dapat mengklik disini.

Setelah berhasil di instal buka aplikasi KSWEB di Android Anda. Anda akan diminta untuk memberinya akses penyimpanan. Selain itu, aplikasi KSWEB akan memulai proses penginstalan untuk menginstal komponen seperti MySQL, PHP, Server, dan lain-lain.

Untuk menginstal WordPress, kami menggunakan server Lighttpd karena gratis di aplikasi ini. Di tab status, pastikan Lighttpd, MySQL, dan PHP aktif. Anda juga dapat membuka tab masing-masing dan memeriksa apakah tombol aktifkan server dihidupkan.

Baca Juga:  5 Dampak Menginstal Aplikasi Mod di Smartphone
status ksweb

Untuk menggunakan phpMyAdmin, Anda harus mendownload beberapa komponen tambahan. Cukup, buka tab Tools dan klik opsi phpMyAdmin. Setelah itu, aplikasi KSWEB akan secara otomatis mendowload, mengesktrak, dan menginstal file yang diperlukan.

tools ksweb

Jika Anda kembali ke menu Status, Anda akan melihat dua host di bawah server Lighttpd. Host 0 menunjuk ke http://localhost:8080/address ini untuk server itu sendiri. Di sisi lain, Host 1 menunjuk http://localhost:8081/address ini menunjukan antarmuka web phpMyAdmin.

2. Database

Database digunakan untuk menyimpan semua data situs web yang diperlukan seperti username, password, postingan, komentar, halaman, dan lain-lain.

Kami akan membuat database ini menggunakan phpMyAdmin. Ada dua cara untuk mengaksesnya. Cara pertama Anda dapat langsung membuka alamat http://localhost:8081/ di browser web apapun (Google Chrome, Mozila) atau cara kedua dengan membuka aplikasi KSWEB > Tool > Klik opsi phpMyAdmin.

phpmyadmin

Sekarang Anda akan melihat halaman login di antarmuka web phpMyAdmin. Nama pengguna default adalah ‘root’, biarkan kolom kata sandi kosong dan tekan tombol ‘Kirim’ untuk melanjutkan.

Selanjutnya, klik opsi Database di bagian atas. Dibawah bagian buat database, masukkan nama database untuk situs Anda, lalu klik tombol Buat.

database

Anda dapat memberikan nama apa pun yang Anda inginkan, tetapi pastikan Anda mengingatnya nanti. Seperti pada gambar di atas, kami memberinya nama ‘teknotesid’.

3. File WordPress

Download file WordPress versi terbaru dari situs resminya dengan cara klik disini. Setelah berhasil di download kemudian ekstrak file tersebut menggunakan pengelola file bawaan ponsel Anda atau aplikasi pihak ketiga seperti ZArchiver.

Selanjutnya, Anda harus menyalin dan menempelkan folder WordPress yang telah Anda ekstrak di folder htdocs di penyimpanan internal Anda.

Baca Juga:  9 Situs Untuk Menjual Foto dan Logo
htdocs

Folder htdocs disetel sebagai direktori root default server Anda. Setelah Anda menempatkan folder WordPress di ‘htdocs’ buka Google Chrome atau browser lain dan pergi ke alamat http://localhost:8080/wordpress .

setting database

Anda akan melihat halaman penginstalan WordPress sekarang. Pilih bahasa Anda dan ketuk tombol Lanjutkan. Klik tombol Let’s go di halaman berikutnya. Setelah itu, Anda harus memasukan detail koneksi database.

  • Nama database – masukan nama databaase yang telah Anda buat pada langkah ke-2. Kami menamakannya ‘teknotesid’
  • Nama pengguna – ubah menjadi ‘root’
  • Kata sandi – biarkan kosong

Tidak perlu mengubah host database dan prefiks tabel. Setelah Anda mengisi detail ini, ketuk tombol Kirim. Selamat, Anda telah menyelesaikan semua langkah utama. Sekarang Anda dapat menjalankan proses instalasi dan melanjutkan pengaturan situs WordPress Anda.

instalasi wordpress

Kesimpulan

Jadi begitulan cara Anda menginstal situs web WordPress Anda di ponsel Android Adan dengan membuat server web lokal, PHP, dan database MySQL.

Semoga artikel Cara Install WordPress di Android bermanfaat bagi Anda. Demikian artikel ini, jika Anda menghadapi masalah dalam langkah-langkah di atas, silahkan komentar di bawah ini sehingga kami dapat membantu Anda.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar