Teknotes.id – Alamat email adalah bagian dari identitas merek dari perusahaan maupun individual, sangat penting untuk menggunakan email domain sendiri untuk kepentingan bisnis daripada alamat email umum seperti Yahoo, Gmail, dan Hotmail.
Domain email adalah alamat web yang terlihat setelah simbol @ di alamat email. Misalnya, dalam email seperti admin@teknotes.id, ini berarti teknotes.id adalah domain email. Anda dapat membeli domain email, atau mendapatkan domain email secara gratis untuk bisnis Anda saat membuat situs web.
Selain itu juga, Anda dapat menghubungkannya langsung ke akun Gmail Anda. Itu berarti Anda akan mendapatkan semua kemudahan menggunakan platform dari Gmail, terlebih lagi menggunakan nama bisnis Anda di alamat email, bukan Gmail.com.
Banyak perusahaan hosting web yang menawarkan domain email gratis jika Anda membeli salah satu paket yang mereka tawarkan. Beberapa diantaranya sangat murah dan Anda dapat mudah menghubungkannya ke akun Gmail Anda
Dengan Anda menggunakan dan mengirim email dari alamat email domain yang menyertakan nama domain situs web akan lebih terlihat jauh lebih profesional dan memiliki kredibilitas lebih pada bisnis Anda dibandingkan dengan mengirim email kepada orang-orang dari namaanda@gmail.com.
Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa langkah mudah dan ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, selain itu juga dilengkapi dengan gambar agar lebih mudah dimengerti.
1. Cara Sendiri Membuat Email Domain Menggunakan cPanel
Jika Anda ingin alamat email Anda seperti admin@namadomain.com, maka ikuti langkah-langkah berikut ini hingga selesai. Untuk metode ini menggunakan cPanel, kami menganggap Anda sudah memiliki hosting dan domain sendiri. Jika belum memiliki Anda dapat membelinya disini atau disini.
1.1 Langkah 1
Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel Anda.
1.2 Langkah 2
Pada halaman dasbor, klik menu Email Accounts.
1.3 Langkah 3
Klik tombol Create untuk membuat akun email.
1.4 Langkah 4
Atur semua penyesuaian pada bidang yang dibutuhkan.
Penjelasan:
- Buat username atau nama pengguna yang ingin Anda gunakan, contoh: admin, info, atau halo.
- Ketik kata sandi yang Anda inginkan untuk akun email ini atau Anda juga dapat menggunakan auto generate kata sandi yang lebih kuat.
- Pilih berapa kapasitas penyimpanan yang diinginkan, sebagai contoh kami menggunakan 500 MB.
1.5 Langkah 5
Jika semaunya telah diatur, langkah selanjutnya adalah menekan tombol Create untuk memproses pembuatan akun email domain.
1.6 Langkah 6
Huray! Selamat, Anda telah berhasil membuat akun email domain sendiri.
Setelah berhasil membuat akun email domain sendiri, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Selanjutnya adalah menambahkan atau menghubungkan email domain di gmail. Jika Anda tertarik, Anda dapat membaca artikel tersebut berikut ini: Cara Menghubungkan Email Domain di Gmail.
Kesimpulan
Dengan menambahkan atau menghubungkan email domain ke layanan gmail, Anda akan mendapatkan keuntungan seperti penyimpanan 15 GB, akses ke Google Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan semua ini sepenuhnya terintegrasi dengan gmail dan dapat digunakan dengan email domain Anda.
Dan itu saja, sekarang Anda memiliki alamat email domain profesional sendiri, jika dirasa artikel ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada keluarga atau teman-teman Anda. Apabila Anda memiliki kendala atau masalah, jangan ragu untuk berdiskusi dengan kami melalui kolom komentar dibawah ini.
Demikian artikel Cara Sendiri Membuat Email Domain dengan mudah, terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai. Nantikan artikel kami selanjutnya ya dan selamat mencoba.