Cara Membuat WordPress Menjadi Aplikasi Dengan PWA (Progressive Web App)

Teknotes.id – Aplikasi web progresif memanfaatkan teknologi terbaru untuk menggabungkan aplikasi web dan seluler terbaik.

Anggap saja sebagai situs web yang dibangun menggunakan teknologi web tetapi terasa seperti aplikasi.

Jumlah situs web yang menggunakan PWA meningkat dari hari ke hari, bukan hanya situs web WordPress, tetapi situs berkode khusus juga menginstal PWA atau Progressive Web App di platform atau situs mereka.

Karena dapat menambahkan kekuatan untuk menambahkan situs web Anda ke layar beranda, navigasi offline, mudah di jangkau, menerima pemberitahuan push, mengakses kamera, dan melakukan sinkronasi latar belakang.

Pada kesempatan ini, kami menulis panduan Cara Membuat WordPress Menjadi Aplikasi Dengan PWA (Progressive Web App) dengan gambar agar lebih mudah dipahami.

1. Apa itu Progressive Web App?

Progressive Web App adalah aplikasi web yang dibangun dengan kerangka kerja JavaScript yang memberikan pengalaman seperti aplikasi kepada pengguna dengan menggunakan kemampuan web modern. Pada akhirnya, itu hanya situs web reguler Anda yang berjalan di browser dengan beberapa peningkatan.

2. Prasyarat untuk Mengatur PWA di WordPress

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menginstal PWA di situs web Anda. Sebelum mengikuti langkah-langkah yang akan kami bagikan di bawah ini, pastikan situs web Anda menggunakan semua teknologi ini untuk kompatibilitas.

  • HTTPS atau SSL Sebelum menginstal PWA, pastikan situs web Anda menggunakan koneksi HTTPS atau SSL untuk melayani halaman web.
  • Versi WordPress Anda perlu memastikan bahwa WordPress menggunakan versi 3.5.0 atau lebih tinggi.
  • Versi PHP Versi PHP minimum yang diperlukan untuk PWA adalah 5.3, jadi pastikan situs web Anda menggunakan versi PHP 5.3 atau di atasnya.
Baca Juga:  Cara Menghapus File Temporary

3. Cara Membangun PWA dengan WordPress

Membangun PWA dengan WordPress sangatlah mudah, Anda dapat mengikuti tutorial yang akan saya bagikan di bawah ini untuk mengaktifkan aplikasi web progresif di perangkat WordPress Anda.

Tidak masalah jenis situs web WordPress mana yang Anda konversi dengan PWA, metode ini berfungsi dengan baik dengan setiap jenis situs web WordPress.

Pada dasarnya, dalam panduan ini, saya akan berbagi langkah-langkah menggunakan plugin bernama “Super PWA” untuk mengaktifkan fitur PWA di situs web kami.

1. Kunjungi Plugins » Add New, kemudian instal dan aktifkan plugin PWA for WP & AMP dari repositori WordPress.

Plugin PWA for WP & AMP

2. Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin, Anda akan diarahkan ke halaman kustomisasi. Dari halaman kustomisasi, Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan dalam pengaturan PWA sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan Anda.

Cara Membuat WordPress Menjadi Aplikasi Dengan PWA (Progressive Web App)
Dashboard
Cara Membuat WordPress Menjadi Aplikasi Dengan PWA (Progressive Web App)
Setup

Keterangan:

  • Start Page Atur Halawan awal PWA Anda.
  • Offline Page Anda dapat memilih halaman yang akan ditampilkan kepada pengguna Anda jika pengunjung tidak memiliki koneksi internet yang berfungsi dan halaman tidak tersedia di singgahan.
  • Orientation Orientasi perangkat, Anda dapat memilih antara tiga opsi dan kami sarankan memilih “Follow Device Orientation”
  • Display Anda akan mendapatkan opsi untuk memilih antara Minimal UI, Standalone, Browser, dan Full Screen.

Setelah Anda memilih opsi sesuai dengan situs web dan kebutuhan Anda, lalu simpan pengaturan dan mengklik tombol Save Settings.

Setelah Anda mengikuti semua yang kami bagikan di atas, maka pengunjung akan melihat WordPress menjadi PWA di situs web Anda (seperti pada gambar dibawah ini).

Cara Membuat WordPress Menjadi Aplikasi Dengan PWA (Progressive Web App)
Tampilan Mobile
Plugin PWA for WP & AMP Tampilan Web
Tampilan Web

Kesimpulan

Jika Anda paham terhadap kode-kode atau bahasa pemrograman dan menginginkan lebih banyak kebebasan untuk situs Anda, Anda dapat mengembangkan PWA secara manual.

Baca Juga:  Kesalahan Bagi Blogger Pemula

Namun, bagi pemilik situs yang tidak berpengalaman dan menginginkan metode yang lebih aman, praktis dan mudah serta hemat waktu, gunakan plugin PWA adalah solusi terbaik.

Demikian panduan Cara Membuat WordPress Menjadi Aplikasi Dengan PWA (Progressive Web App), jika Anda mengalami kendala atau masalah jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat, tunggu konten kami selanjutnya ya.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar