Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Hilang Data

Teknotes.id – Pernahkah Anda mengalami flashdisk Anda meminta Anda untuk memformat flashdisk, ini yang berarti flashdisk milik Anda mengalami rusak sehingga Anda tidak dapat membuka isi dari flashdisk tersebut.

Ada beberapa permasalahan umum yang sering terjadi seperti: flashdisk minta di format, flashdisk kosong, flashdisk menunjukkan kapasitas 0 byte, perangkat flashdisk tidak dikenali, dan lain-lain.

Pada umumnya ketika Anda diminta untuk memformat flashdisk, tanpa disadari secara tidak sadar Anda melakukan format flashdisk. Sebetulnya cara ini tidak disarankan dan tidak direkomendasikan karena dapat menghapus semua data Anda di flashdisk tanpa kecuali.

Ketika Anda mencolokkan flashdisk ke laptop atau komputer flashdisk yang mengalami masalah pada file sistem biasanya akan menampilkan pesan untuk meminta format ketika akan digunakan, pesan tersebut bertuliskan You need to format the disk in drive E: before you can use it. Do you want to format it? Terdapat dua opsi yaitu Format disk atau Cancel. Jika Anda telah memilih opsi format disk maka seluruh data Anda yang berada di flashdisk akan hilang.

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Hilang Data

Namun, jika sudah terlanjur melakukan format disk, Anda masih dapat memulihkan data Anda. Karena setiap file memiliki strukturnya masing-masing, termasuk direktori. Saat Anda memformat drive, Anda cukup menghapus direktorinya. Untuk mengembalikan semua data yang terhapus Anda dapat membaca artikel 2 Cara Mengembalikan Data Flashdisk yang Terformat

Ketika flashdisk meminta format, sebagian besar orang dapat memilih untuk memulihkan data terlebih dahulu karena kemungkinan berisi data yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi flashdisk minta format tanpa hilang data, artikel ini ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti, serta dilengkapi dengan gambar agar lebih mudah dipahami.

Baca Juga:  10 Aplikasi Streaming Musik Online Terbaik

1. Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Hilang Data Menggunakan Command Prompt

1.1 Langkah 1

Tekan Windows atau Search kemudian ketikan cmd, lalu pilih Run as administrator.

Cara Menghapus Windows.old di Windows 7, 8, 10

1.2 Langkah 2

Setelah command prompt terbuka, sekarang ketikan perintah chkdsk E: /f dan tekan Enter.

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Hilang Data

Catatan:

Pada huruf E diganti sesuai dengan direktori pada laptop atau pc Anda, misalnya drive C, D, F dan seterusnya.

1.3 Langkah 3

Setelah melakukan enter maka sistem akan melakukan scan flashdisk Anda. Setelah proses scan selesai, Anda akan melihat informasi pada command prompt seperti di bawah ini:

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Hilang Data

1.4 Langkah 4

Setelah berhasil melakukan scan pada flashdisk menggunakan command prompt serta melakukan perbaikan file sistem, seharusnya saat ini flashdisk Anda sudah dapat kembali digunakan.

Sekarang masuk ke File Explorer dan masuk ke direktori flashdisk Anda, lalu cek apakah data-data yang ada di dalam disk dapat dibuka semua atau tidak.

1.5 Langkah 5

Pada langkah ini kami merekomendasikan atau menyarankan Anda untuk memindahkan semua isi data di flashdisk ke harddisk atau penyimpanan lainnya. Tujuannya agar tidak terjadi masalah yang sama di kemudian hari dan untuk mengamankan data yang agar tidak hilang.

1.6 Langkah 6

Setelah berhasil memindahkan data, kemudian lakukan format flashdisk secara permanen. Tujuan format ini adalah agar struktur-struktur pada flashdisk tidak terjadi masalah lagi.

Klik kanan pada direktori flashdisk, lalu pilih Format, jangan centang opsi Quick Format, hal ini bertujuan agar menghapus semua isi data yang tersembunyi tanpa terkecuali. Pada bidang Volume label beri nama flashdisk sesuai keinginan Anda. Langkah terakhir klik Start untuk memulai proses pemformatan.

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Hilang Data

Catatan:

Kami merekomendasikan atau menyarankan untuk tidak menggunakan kembali flashdisk yang bermasalah tersebut meskipun telah melakukan format. Hal ini bertujuan agar tidak terulang lagi.

Kesimpulan

Meskipun Anda dapat memperbaiki flashdisk yang minta format tanpa hilang data, namun tetap penting untuk melakukan pencadangan di penyimpanan lain secara teratur agar masalah ini tidak akan terjadi dikemudian hari, serta jangan menggunakan flashdisk yang sama untuk penyimpanan data Anda.

Baca Juga:  Cara Membuat Reading Progress Bar di WordPress

Jika cara di atas tidak berhasil, maka Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti EaseUS, atau Anda juga dapat menggunakan laptop atau komputer lain untuk membuka isi flashdisk Anda.

Demikian panduan cara mengatasi flashdisk minta format tanpa hilang data yang telah kami tuliskan ini, jika dirasa artikel ini sangat bermanfaat bagi Anda jangan ragu untuk membagikannya kepada keluarga atau teman-teman.

Apabila Anda memiliki kendala atau masalah jangan ragu untuk berdiskusi dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini, terima kasih telah membaca dan nantikan artikel kami selanjutnya, selamat mencoba.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar