Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

Cara Mengubah MBR ke GPT

Teknotes.id – Master Boot Record (MBR) dan Guid Partition Table (GPT) adalah dua jenis tipe partisi penyimpanan yang berbeda. Meskipun keduanya berbeda satu sama lain, mereka memiliki tujuan yang sama yakni memisahkan informasi untuk sistem operasi.

Perbedaan yang paling umum adalah jumlah partisi: dimana MBR hanya mendukung paling banyak empat partisi primer atau tiga partisi primer dan satu partisi tambahan sementara, sedangkan GPT mendukung hingga 128 partisi di Windows.

Selain itu, perbedaan lainnya ada di ukuran partisi: ukuran satu partisi pada MBR hanya dapat mencapai 2 TB sedangkan partisi GPT didukung oleh 18 exabyte (EB) atau 18 miliar gigabyte. Sesuai dengan mode boot yang berbeda, MBR ke mode Legacy sedangkan GPT ke mode UEFI. GPT lebih kompatibel dengan perangkat keras modern daripada MBR.

Itulah beberapa perbedaan umum mengapa begitu banyak pengguna yang ingin mengubah MBR ke GPT. Salah satu fitur luar biasa yang dimiliki oleh GPT adalah fitur untuk menyimpan banyak salinan data di dalam sistem operasi.

Jika salah satu penyimpanan Anda rusak, GPT dapat memulihkan data, sehingga sistem operasi akan berfungsi kembali normal. Sebaliknya partisi MBR tidak memiliki fitur ini sehingga tidak mudah untuk memulihkan data yang rusak atau ditimpa.

Kami memiliki tiga metode untuk mengubah MBR ke GPT: yaitu menggunakan command prompt, disk management, dan perangkat lunak. Tetapi bagaimana cara mengubah MBR ke GPT tanpa kehilangan data, kami menyarankan menggunakan program pihak ketiga yang bernama AOMEI Partition Assistant Professional.

1. Cara mengubah MBR ke GPT Menggunakan Command Prompt

Perlu dicatat bahwa metode ini sangat tidak direkomendasikan, karena pengguna kemungkinan besar akan kehilangan data. Jika Anda sudah terlanjur mencoba metode ini, Anda dapat membaca artikel 5 Aplikasi Recovery Data PC Terbaik (File Foto, Video dan Lainnya).

Jika Anda memaksa untuk mengikuti metode ini, kami sangat menyarankan Anda untuk memindahkan semua data yang penting ke cloud storage atau penyimpanan eksternal.

Windows 10 memiliki program bawaan yang memungkinkan Anda untuk melakukan konversi penyimpanan MBR ke GPT menggunakan command prompt, ikuti langkah-langkah berikut:

1.1 Langkah 1

Tekan tombol kombinasi Windows + R dan masukkan perintah diskpart dan klik OK.

Cara mengubah MBR ke GPT

1.2 Langkah 2

Command prompt akan terbuka, kemudian masukkan kode perintah list disk.

Cara mengubah MBR ke GPT

1.3 Langkah 3

Setelah itu command prompt akan menampilkan semua disk yang ada, masing-masing akan diberi nomor. Pilih disk yang ingin di ubah dari MBR ke GPT, lalu masukkan kode perintah select disk 1.

Cara mengubah MBR ke GPT

1.4 Langkah 4

Sekarang Anda memasukkan perintah clean, perintah ini akan menghapus keseluruhan data pada disk yang dipilih.

Cara mengubah MBR ke GPT

1.5 Langkah 5

Langkah terakhir adalah mengonversi partisi ke GPT, masukkan perintah convert gpt. Setelah berhasil melakukan konversi ke GPT, silakan untuk menutup command prompt.

Cara mengubah MBR ke GPT

2. Cara mengubah MBR ke GPT Menggunakan Disk Management

Disk Management adalah program bawaan Windows yang sangat berguna untuk menambah, mengecilkan, menghapus, dan memformat volume pada disk. Program ini juga memungkinkan Anda untuk mengonversi partisi MBR ke GPT.

Perlu dicatat bahwa ini akan menghapus semua data yang ada didalam partisi yang dipilih. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk memindahkan data penting ke penyimpanan lain. Kemudian Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

Baca Juga:  Cara Menambahkan Gambar Profil Email Domain di Gmail

2.1 Langkah 1

Tekan tombol kombinasi Windows + X dan pilih Disk Management.

Cara Mengetahui Tipe Partisi MBR atau GPT

2.2 Langkah 2

Klik kanan pada disk yang akan diubah ke GPT, lalu pilih Delete Volume.

Cara mengubah MBR ke GPT

2.3 Langkah 3

Ketika disk ditampilkan sebagai ruang yang tidak berisi atau unallocated, klik kanan disk dan pilih Convert to GPT Disk.

Cara mengubah MBR ke GPT

3. Cara mengubah MBR ke GPT Menggunakan

Seperti yang sudah kami informasikan diatas, bahwa metode Command Prompt dan Disk Management dapat menghapus data pada partisi yang dipilih. Metode terbaik yang adalah menggunakan perangkat lunak pihak ketiga bernama AOMEI Partition Assistant Professional.

3.1 Langkah 1

Download terlebih dahulu perangkat lunak AOMEI Partition Assistant Professional. Install program tersebut seperti biasa.

3.2 Langkah 2

Setelah berhasil install, buka program tersebut. Di halaman utama, klik kanan pada partisi yang ingin Anda konversi MBR ke GPT dan memilih opsi Convert to GPT Disk.

Cara mengubah MBR ke GPT

3.3 Langkah 3

Pada jendela konfirmasi apakah Anda yakin untuk mengonversi partisi yang dipilih, klik OK untuk melanjutkan.

Cara mengubah MBR ke GPT

3.4 Langkah 4

Klik Apply pada pojok kiri atas untuk mengoperasikan dan kemudian partisi akan diubah ke GPT.

Cara mengubah MBR ke GPT

Kesimpulan

Catatan: perlu diingat bahwa untuk selalu membackup atau memindahkan data penting ke penyimpanan lain, sebelum mengikuti ketiga metode diatas. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kami tidak bertanggung jawab.

Setelah ini, Anda dapat menggunakan disk GPT untuk membuat partisi, menginstal sistem UEFI, menginstal sistem operasi, dan lain-lain tanpa masalah

Dengan tiga metode yang kami bagikan diatas, sekarang Anda sudah tau cara mengonversi MBR ke GPT di Windows. Menggunakan perangkat lunak pihak ketiga AOMEI Partition Assistant Professional adalah cara teraman untuk mengonversi partisi MBR ke GPT tanpa menghapus partisi sehingga Anda dapat menghindari risiko kehilangan data.

Baca Juga:  Cara Menambahkan Breadcrumb di WordPrees

Jika dirasa artikel ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada keluarga atau teman-teman Anda. Apabila Anda memiliki kendala atau masalah, jangan ragu untuk berdiskusi dengan kami melalui kolom komentar dibawah ini.

Demikian tutorial Cara mengubah MBR ke GPT. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai, nantikan artikel kami selanjutnya ya dan selamat mencoba.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar