Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

Cara Mengunci Folder di Windows 10

Teknotes.id – Meskipun Windows 10 tidak memiliki opsi untuk melindungi folder dan file dengan kata sandi, bukan berarti data Anda tidak aman. Windows 10 memiliki fitur bawaan yang akan memudahkan pengguna untuk melindungi folder dan file.

Satu-satunya cara asli untuk melindungi file dan folder di Windows 10 adalah dengan menyembunyikan file dan folder. Namun, folder dan file yang disembunyikan dapat dengan mudah dibuka kembali oleh siapa pun saja yang menggunakan komputer Anda, ini juga sebagai metode tidak aman untuk melindungi file dan folder.

Jika Anda memiliki folder atau file yang tidak ingin diakses orang lain, maka Anda harus melindungi informasi sensitif seperti foto pribadi, video, informasi bank, atau apa pun yang menurut Anda rahasia dan penting.

Oleh karena itu, metode lain yang dapat diandalkan untuk melindungi folder di Windows 10 adalah dengan menambahkan kode-kode pemrograman dan menggunakan program perangkat lunak pihak ketiga. Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara melindungi folder di Windows 10.

1. Cara Mengunci Folder atau File dengan bawaan Windows

Mari kita mulai dengan cara paling mudah untuk melindungi folder dan file Anda, metode ini menggunakan fitur dari bawaan Windows. Untuk melindungi file atau folder ikuti langkah-langkah berikut:

1.1 Langkah 1

Cari folder yang ingin Anda lindungi.

1.2 Langkah 2

Klik kanan pada folder tersebut, lalu pilih Properties.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

1.3 Langkah 3

Setelah itu klik tombol Advanced.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

1.4 Langkah 4

Di bagian bawah panel, centang pada opsi Encrypt contents to secure data.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

1.5 Langkah 5

Klik tombol OK untuk kembali ke jendela Properties utama, lalu klik Apply dan Windows akan mulai melindungi file Anda.

Baca Juga:  Tutorial Membuat CRUD PHP 5 Dengan MySQL #PartCreate

1.6 Langkah 6

Selanjutnya terdapat pemberitahuan untuk mengkonfirmasi perubahan atribut, silakan pilih Apply changes to this folder, subfolders and files dan klik OK.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

1.7 Langkah 7

Sekarang, setelah Anda melindungi folder, Anda akan melihat ikon kunci berwarna kuning. Jika Anda menambahkan folder atau file baru ke folder utama, maka secara otomatis juga akan terlindungi.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

Catatan:

metode ini sangat mudah untuk gunakan. Akan tetapi, ada beberapa kekurangan yaitu fitur ini hanya tersedia pada Windows tertentu dan password yang digunakan adalah kata sandi yang sama untuk masuk akun Windows Anda.

2. Cara Mengunci Folder atau File dengan Notepad

Anda dapat melindungi folder Anda dengan kata sandi di Windows 10 hanya dengan membuat file batch sederhana. File batch adalah file teks sederhana yang dapat mengotomatiskan tugas sehari-hari, mempersingkat waktu yang diperlukan untuk melakukan sesuatu.

Setelah Anda memahami penjelasan singkat di atas, sekarang kita dapat melanjutkan ke langkah-langkah yang perlu Andai ikuti.

2.1 Langkah 1

Pertama, buat folder baru untuk melindungi file Anda, beri nama apa pun sesuai keinginan. Setelah itu klik kanan, lalu pilih New » Text Document dan beri nama file apa pun yang Anda inginkan .

Cara Mengunci Folder di Windows 10

2.2 Langkah 2

Setelah berhasil membuat dokumen, silakan klik dua kali pada teks dokumen untuk membuka Notepad.

2.3 Langkah 3

Setelah notepad terbuka, silakan salin dan tempelkan kode di bawah ini ke dalam notepad.

cls
@ECHO OFF
title Folder Locker
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure u want to Lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to Unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==your_password goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End
Cara Mengunci Folder di Windows 10

2.4 Langkah 4

Baca Juga:  Cara Mengatasi Error 0xc000007b

Silakan cari kode if NOT “%pass%==your_password” goto FAIL di dalam kode yang baru saja Anda tempel. Dan kemudian ubah your_password menjadi kata sandi keinginan Anda.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

2.5 Langkah 5

Setelah semuanya berhasil diatur, sekarang klik menu File » Save as, atau tekan Ctrl + Shift + S secara bersamaan.

2.6 Langkah 6

Kemudian pilih lokasi folder yang tadi baru dibuat untuk menyimpan file notepad. Setelah itu Anda akan diminta untuk memberi nama file. Pilih nama nama dan pastikan Anda menambahkan ekstensi .bat ke file Anda, dan pilih tipe file All files (*.*). Pastikan juga untuk memilih jenis penyandian ANSI, dan klik Save.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

2.7 Langkah 7

Untuk menjalankan file .bat, silakan klik dua kali pada file bat yang baru saja Anda buat.

2.8 Langkah 8

Saat berhasil, akan muncul secara otomatis folder Locker, ini adalah folder yang terekstraksi dari perintah file .bat yang baru saja Anda buat.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

2.9 Langkah 9

Pindahkan semua file yang ingin Anda lindungi ke dalam folder Locker.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

2.10 Langkah 10

Jalankan kembali file .bat dan sebuah prompt perintah terbuka secara otomatis dan menanyakan apakah Anda ingin mengunci folder Anda. Tekan Y dan Enter untuk mengonfirmasi perintah kunci. Jika sudah folder Locker akan tersembunyi.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

2.9 Langkah 9

Anda tidak akan melihat folder Locker. Apabila Anda ingin folder Locker muncul lagi, maka Anda harus mengklik dua kali pada file .bat dan kemudian akan membuka command prompt untuk meminta Anda untuk memasukkan kata sandi, lalu tekan Enter.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

Catatan:

Cara ini tidak cukup aman untuk melindungi data rahasia Anda, karena orang lain bisa membuka file .bat untuk mengetahui dan mengganti kata sandi.

3. Cara Mengunci Folder atau File dengan Folder Guard

SecretFolder adalah solusi ampuh untuk melindungi data pribadi Anda dari orang lain termasuk peretas. Anda dapat menyembunyikan data Anda dari virus, malware, dan ransom-ware.

Baca Juga:  Cara Mengunci PDF Agar Tidak Bisa di Copy

Keamanan informasi akan melindungi data lokal Anda, sehingga Anda dapat mengelola data pribadi Anda sendiri. SecretFolder memberi Anda fungsionalitas yang kuat untuk membantu Anda mengelola dan melindungi data pribadi Anda.

3.1 Langkah 1

Download terlebih dahulu program Secret Folder.

3.2 Langkah 2

Jika sudah berhasil download, lalu instal program tersebut hingga selesai seperti biasa.

3.3 Langkah 3

Setelah berhasil diinstal, lalu masukkan password dan tuliskan juga email recovery apabila Anda lupa password maka bisa melakukan setting ulang di email yang digunakan. Setelah semuanya telah diatur, kemudian klik tombol OK.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

3.4 Langkah 4

Tunggu beberapa detik hingga proses selesai, selanjutnya klik menu Add dan cari folder yang akan di kunci, lalu klik OK.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

3.5 Langkah 5

Setelah melakukan lock, maka folder tidak akan terlihat di file explorer. Untuk untuk memunculkannya kembali, silakan Anda dapat mengklik menu Unlock pada program Secret Folder.

Kesimpulan

Ini adalah semua metode perlindungan kata sandi yang dapat Anda ikuti dan dapat membuat informasi pribadi Anda aman dan terlindungi. Tetapi jika Anda mencari perlindungan yang lebih kuta, Anda mungkin perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang untuk membuat file atau folder Anda aman.

Jika dirasa artikle ini bermanfaat bagi Anda, jangan ragu untuk membagikannya kepada keluarga dan teman-teman agar folder yang bersifat rahasia tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Jika Anda mengalami kendala atau masalah apa pun, jangan lupa untuk meninggalkan komentar untuk berdiskusi. Demikian cara mengunci folder di Windows 10, terima kasih telah membaca dan nantikan artikel kami selanjutnya ya.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar