Cara Setting Push Notification di WordPress Dengan OneSignal

Teknotes.id – Push notification dapat ditampilkan di desktop atau seluler, pemasangan push notification berguna untuk pengguna untuk tetap mendapatkan pemberitahuan terbaru di situs web Anda.

Facebook adalah salah satu dari banyak platform yang telah meningkatkan penggunaan pemberitahuan push web

Jika Anda telah mengizinkan pemberitahuan push Chrome, dan juga ketika tab Facebook ditutup, maka Anda tetap mendapatkan pemberitahuan pop-up postingan terbaru di sudut kanan bawah layar tampilan.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang Cara Setting Push Notification di WordPress Dengan OneSignal disertai dengan gambar.

1. Apa itu Push Notification

Push notification adalah pesan pemberitahuan yang ditampilkan di layar desktop pengunjung Anda secara otomatis ketika Anda telah menerbitkan konten baru di situs Anda.

Selain itu Anda dapat mengirimkan pesan yang sudah ditentukan sebelumnya kapan saja. Ini bisa menjadi notifikasi di ponsel atau melalui browser seperti Google Chrome, Firefox, atau Safari.

Push notification awalnya diperkenalkan untuk perangkat Android dan iOS pada tahun 2009 dan telah menyebar ke platform lain sejak saat itu.

Jika kita melihat tren Google antara 2014 dan hari ini, kita dapat melihat bahwa push notification web terus meningkat.

2. Plugin Push Notification WordPress

Instal Plugin OneSignal

Dengan masuk ke Plugins » Add New, kemduian cari OneSignal melalui kotak pencarian, instal dan aktifkan.

Cara Setting Push Notification di WordPress Dengan OneSignal

Navigasi ke OneSignal Push dari menu admin kiri, Anda akan melihat dasbor OneSignal default yang menawarkan tips tentang bagaimana tentang Anda dapat dengan cepat mengatur OneSignal untuk mulai mengirim pemberitahuan push WordPress.

Baca Juga:  Cara Mematikan Windows Defender Windows 10
Cara Setting Push Notification di WordPress Dengan OneSignal

Buat Akun di OneSignal

Langkah pertama adalah kunjungi situs web layanan OneSignal dan mendaftar untuk akun setelah memilih opsi Push Notification Web. Anda juga perlu mengkonfirmasi akun melalui email, dan kemudian layanan akan terhubung ke dasbor WordPress Anda.

Cara Setting Push Notification di WordPress Dengan OneSignal

Buat Aplikasi OneSignal Anda

Setelah mendaftar, Anda akan diminta untuk memilih aplikasi untuk notifikasi:

Cara Setting Push Notification di WordPress Dengan OneSignal

Dalam contoh kami, kami akan menggunakan Web Push (Chrome, Mozila, dan Safari). Anda harus memberi nama aplikasi untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Pada layar berikut, Anda akan diminta untuk mengonfigurasi push web Anda.

Configure-Web-Push-·-teknotes-id-OneSignal

Anda akan ingin memilih WordPress Plugin atau Website Builder dibagian atas layar untuk mengubah opsi yang ditampilkan. Setelah Anda memilih opsi itu, Anda akan melihat ikon WordPress yang dapat Anda pilih, di antara daftar aplikasi web lainnya.

Setelah Anda memilih ikon WordPress, lebih banyak opsi konfigurasi berlabel WordPress Site Setup akan muncul di bawah ini. Di sinilah Anda akan dapat menambahkan informasi situs web Anda dan mengunggah ikon kustom jika Anda ingin.

WordPress Site Setup OneSignal

Dalam dialog penyetelan ini, Anda juga akan menemukan dokumentasi mengenai situs yang tidak sepenuhnya HTTPS. Jika situs web Anda tidak menggunakan HTTPS, ingatlah untuk mengatur pengalih berlabel My site is not fully HTTPS.

Konfigurasi di Plugin WordPress Anda

Setelah Anda menyimpan informasi Pengaturan situs WordPress Anda, OneSignal akan menyediakan APP ID dan API Key yang akan digunakan untuk mengintegrasikan plugin OneSignal WordPress.

Configure-Web-Push-OneSignal

Anda dapat menggunakan tombol Go To My Website di bawah informasi API, atau menavigasi ke dasbor WordPress Anda di tab browser lain untuk menyelesaikan pengaturan.

Setelah berada di dasbor, Anda harus mengklik OneSignal Push di menu sebelah kiri dan memilih tab Configuration. Di sinilah Anda harus memasukan kode API tersebut, untuk membuat koneksi akhir antara WordPress dan OneSignal.

Baca Juga:  Cara Install Ulang Windows 10 dengan Flashdisk
OneSignal-Push-‹-Berbagi-Informasi-Teknologi-Hari-Ini-—-WordPress

Sesuaikan Pesan Popup Anda

Setelah membuat koneksi antara WordPress dan OneSignal, Anda dapat menyesuaikan semua berbagai opsi yang termasuk dalam plugin. Ini termasuk popup untuk berlangganan pemberitahuan push Anda.

Sent Notification Setting OneSignal

Untuk melihat berhasil atau tidaknya silahkan untuk mengunjungi situs WordPress Anda.

Push Notification Web

Kesimpulan

Setiap kali seseorang mengunjungi situs web Anda, OneSignal akan menampilkan bel di sisi kiri bawah atau kanan atasu situs web Anda. Pengunjung dapat mengklik ikon bel untuk berlangganan pemberitahuan push web dari situs web Anda.

Demikian artikel Cara Setting Push Notification di WordPress Dengan OneSignal, jika Anda memiliki kendala atau pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat, tunggu konen kami selanjutnya ya.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar