5 Framework CSS Terbaik Untuk Web Designer

Teknotes.id – Framework atau kerangka kerja merupakan sekumpulan library yang dapat digunakan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis website.

Saat ini banyak sekali jenis framework yang dapat kita gunakan, fungsi dari framework sendiri untuk membuat tampilan website responsive di berbagai platform seperti desktop, mobile, dan tablet, dan tentunya berbagai ukuran.

Framework dibutuhkan karena memudahkan para web designer untuk mendesain sebuah aplikasi website. Berikut ini ulasan tentang 5 Framework CSS Terbaik Untuk Web Designer yang wajib kamu ketahui.

1. Bulma

%nama berkas%

Bulma adalah salah satu kerangka kerja CSS murni tanpa menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, kamu hanya perlu memasukan satu file .CSS tanpa perlu memasukan file lain yaitu .JS.

Bulma merupakan framework CSS yang bersifat open source dan gratis, digunakan lebih dari 200 ribu pengembang diseluruh negara.

2. Semantic UI

%nama berkas%

Sematic UI adalah salah satu kerangka kerja CSS yang lebih berfokus pada bahasa manusia, nama class nya dibuat semirip mungkin dengan cara seseorang yang sedang berbicara, dan lebih mudah dipahami para web designer pemula.

Semantic UI merupakan framework yang membantu menciptakan tata letak yang indah dan resposnif menggunakan HTML yang mudah dipahami oleh web designer pemula.

3. Tailwind CSS

%nama berkas%

Tailwind adalah salah satu kerangka kerja CSS yang berbeda dari yang lain karena Tailwind lebih fokus pada utilitas fitur-fitur dibanding komponen UI yang lengkap.

Konsep seperti ini memberi kamu kebebasan untuk membangun desain yang kamu inginkan sesuai dengan utilitas fitur-fitur untuk mempermudah para web designer.

4. Foundation

%nama berkas%

Foiundation merupakan salah satu framework CSS yang menyatakan dirinya sebaai pilihan yang lebih profesional.

Baca Juga:  5 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Ngoding Saat Ini

Foundation dapat digunakan untuk membuat HTML, CSS dan cuplikan kode yang keren, selain itu Foundation merupakan framework front end yang responsif.

5. Bootstrap 4

%nama berkas%

Bootstrap selalu menjadi framework CSS terbesar di dunia, menyediakan komponen dan utilitas yang bisa mempermudah hidup para web designer.

Bootstrap merupakan framework yang bersifat open source yang digunakan untuk merancang situs web dan aplikasi web.

Kesimpulan

Framework sangat berguna dalam membangun sebuah aplikasi berbasis website, dengan adanya framework tampilan website 100% responsive saat dibuka menggunakan device berbeda seperti desktop, mobile, dan tablet, dan berbagai ukuran.

Demikian ulasan tentang 5 Framework CSS Terbaik Untuk Web Designer. Jika ada saran silahkan komentar ya, Semoga bermanfaat.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar