5 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Ngoding Saat Ini

Teknotes.id – Text Editor adalah software yang biasanya digunakan oleh programmer untuk membuat sebuah aplikasi.

Aplikasi yang diciptakan bisa berbasis web, desktop atau mobile. Text Editor yang sering dilihat bahkan digunakan kebanyakan orang adalah Notepad.

Notepad bawaan dari Windows yang kadang sering digunakan untuk membuat sebuah aplikasi kadang juga untuk menulis catatan ringan.

Text Editor tak pernah lepas dari yang namanya seorang programmer, sebab text editor adalah senjata utama yang wajib digunakan.

Didalam sebuah text editor terdapat fitur umum yang sering digunakan seperti syntax highlighting, search dan replace, line number, line marking, dan lainnya.

Banyak sekali text editor yang sudah mendukung sistem operasi seperti Windows, Linux, dan MacOS. Berikut ini adalah artikel tentang 5 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Ngoding Saat Ini.

1. Notepad++

%nama berkas%

Penamaan Notepad++ hampir sama dengan Notepad, perbedaanya adalah fitur Notepad++ lebih banyak dan lengkap daripada pendahulunya.

Mendukung berbagai bahasa pemrograman lumayan lengkap, selain juga software ini mudah, ringan dan gratis.

2. Sublime Text

%nama berkas%

Mempunyai tampilan yang dinamis dan kaya akan banyak fitur-fitur, membuat Sublime Text menjadi plugin yang paling digandrungi atau digemari oleh para programmer termasuk saya.

Selain itu juga Sublime Text mendukung berbagai macam sistem operasi yang berbeda. Untuk menambahkan fitur lebih, kamu bisa menambahkannya dimenu plugin yang tersedia. Sublime Text mempunyai dua versi, versi gratis dan berbayar.

3. Visual Code Studio

%nama berkas%

Visual Code Studio adalah software Text Editor yang dikembangkan oleh Microsoft, mencakup dukungan untuk debugging yang berfungsi untuk menutup baris kode program secara otomatis, mempunyai kontrol Git yang tertanam dan Github.

Baca Juga:  Cara Menambahkan Ikon Sosial Media di WordPress Tanpa Plugin

Visual Code Studio juga mendukung berbagai macam bahasa pemrograman seperti C#, Java, JavaScript, HTML, PHP, Perl, Python, dan masih banyak lainnya.

4. Atom

%nama berkas%

Atom mempunyai tampilan antar muka yang menarik dan mempunyai desain yang elegan, serta sudah mendukung banyak macam bahasa pemrograman.

Untuk mendapatkan fitur tambahan lebih, kamu bisa menambahkannya dimenu plugin yang tersedia. Fitur-fitur yang tersedia antara lain web based, fuzzy finder, fast project-wide, dan masih banyak lainnya.

5. Komodo Edit

%nama berkas%

Komodo Edit adalah text editor yang bersifat open source dan terbuka untuk bahasa yang dinamis. Diperkenalkan pada Januari 2007 untuk melengkapi IDE Komodo komersial ActiveState.

Pada Versi 4.3 Komodo Edit dibangun diatas proyek open Komodo. Komodo Edit mendukung berbagai macam bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, PHP, CSS, Perl, HTML dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan

Semakin banyak plugin yang terinstall semakin banyak juga resource yang dibutuhkan. Apapun jenis Text Editor nya pilihlah sesuai kebutuhan dan mempercepat pembuatan sebuah aplikasi.

Itulah ulasan 5 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman Ngoding Saat Ini. Jika ada saran silahkan tambahkan di komentar. Terima kasih telah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat ya.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar