4 Cara Agar HP Tidak Lemot

Teknotes.id – Smartphone seakan berubah menjadi barang vital. Banyak data seperti dokumen kerja tersimpan di ponsel, bahkan banyak jenis game di instal di ponsel sebagai hiburan yang membuat hp lemot. Berikut ini cara 4 Cara Agar HP Tidak Lemot, kamu bisa melakukan cara berikut ini.

1. Hapus File dan Aplikasi

Tanpa sadar, kamu menyimpan file yang tidak dibutuhkan sehingga membuat memori internal semakin berkurang. Minimnya space di memori internal itulah yang menjadi salah satu penyebab hp lemot.

Jika kamu merasa data terlalu banyak, hapus saja data yang sekiranya kurang kamu butuhkan atau pindahkan ke memori eksternal.

Sedangkan jika kamu menginstal banyak aplikasi, pilih aplikasi yang kamu butuhkan saja. Kemudian hapus aplikasi yang kurang ataupun tidak kamu butuhkan, terutama aplikasi dengan ukuran besar.  Dengan begitu, hp menjadi lebih enteng dan tidak lemot.

2. Gunakan 1 Antivirus

Virus di smartphone juga menjadi salah satu penyebab ponsel menjadi lemot. Namun, terlalu banyak antivirus yang digunakan juga membuat ponsel pintar menjadi lemot.

Banyaknya antivirus di smartphone, tidak hanya membuat memori berkurang namun juga RAM.

Karena hal tersebut, agar smartphone tidak lemot,  sebaiknya kamu menggunakan 1 saja jenis aplikasi antivirus dengan proteksi terbaik.

3. Update Aplikasi dan Sistem

Untuk menghindari lemot pada hp maka kamu harus melakukan update software dan aplikasi secara berkala.

Dengan dilakukan pembaharuan aplikasi dan sistem akan dapat meningkatkan performa dan kinerja smartphone. Dengan begitu, ponsel akan terasa lebih ringan.

Namun, cek memori ponsel kamu apakah mencukupi untuk melakukan update atau tidak. Karena bisa saja hp lemot kembali karena memori internal kamu tidak cukup kapasitasnya.

4. Hapus Junk dan Cache

Cache merupakan tempat yang dipergunakan untuk penyimpanan data secara sementara waktu dari aplikasi yang pernah atau sedang dipergunakan.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah membuka aplikasi karena sudah pernah dibuka sebelumnya.

Namun, adanya cache yang menumpuk dapat membuat memori internal habis kapasitasnya. Karena itu, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk menghapus cache dan junk di ponsel agar kapasitas memori tetap terjaga.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar hp tidak lemot. Semoga cara ini membantu kamu mendapatkan ponsel dengan sistem dan kinerja yang lebih ringan ya.

Demikian artikel 4 Cara Agar HP Tidak Lemot terima kasih telah membaca hingga akhir.

Baca Juga:  Prediksi Tren Perkembangan Smartphone di Indonesia 2021
by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar