Cara Menghapus File Temporary

Teknotes.id – Menghapus file temporary atau sementara dapat membebaskan ruang kosong yang besar pada sistem operasi Windows Anda.

Kita dapat melakukan menghapus file sementara secara manual tanpa bantuan utilitas pembersih PC pihak ketiga seperti CCleaner.

Terdapat sebuah metode yang mudah dan aman untuk menghapus file sementara di Windows 10. Anda dapat menggunakan aplikasi Settings untuk menghapus semua file sementara dengan aman di Windows 10 tanpa menginstal perangkat lunak tambahan.

Berikut ini Cara Menghapus File Temporary menggunakan Settings untuk menghapus file sementara dengan aman di Windows 10.

1. Menghapus file sementara menggunakan Settings di Windows 10

1. Buka Windows » Settings » System » Storage.

2. Halaman Storage menampilkan drive tempat Windows 10 diinstal, klik opsi Temporary files yang ada tepat di bawah nama dan huruf drive penyimpanan.

Image from Gyazo

Pada Temporary files menampilkan ruang yang digunakan oleh file sementara. Di PC kami, file sementara menggunakan 10 GB. Perhatikan juga bahwa Windows 10 memperhitungkan ruang yang digunakan oleh folder Downloads, Recycle Bin, versi Windows sebelumnya (folder Windows.old), dan folder file sementara.

3. Klik Temporary files maka akan menampilkan semua jenis file sementara pada drive instalasi Windows 10. Anda dapat mencentang file Delivery Optimization Files, Windows upgrade log files, Thumbnails, Microsoft Windows Defender Antivirus, Temporary Internet Files, Windows error reports and feedback diagnostics, and DirectX Shader Cache.

Cara Menghapus File Temporary

Jangan mencentang opsi Downloads, hal ini dapat menghapus semua file di folder Downloads.

4. Klik tombol Delete untuk menghapus berkas sementara yang dipilih. Jika Anda melihat dialog konfirmasi, klik tombol Yes atau OK untuk mulai menghapus file.

Baca Juga:  Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

2. Menghapus file sementara secara manual di Windows 10

1. Tekan keyboard Windows + R secara bersamaan.

2. Ketik %temp% lalu tekan tombol Enter untuk membuka folder Temp yang berisi berkas sementara.

Cara Menghapus File Temporary

3. Pilih semua file dengan menekan keyboard CTRL + A secara bersamaan, lalu tekan tombol Delete di keyboard untuk menghapus semua file sementara.

Cara Menghapus File Temporary

Setelah semuanya terhapus mari kita lakukan kembali menghapus file sementara dengan cara berikut ini:

1. Tekan keyboard Windows + R secara bersamaan.

2. Ketik temp lalu tekan tombol Enter untuk membuka folder Temp yang berisi berkas sementara.

3. Pilih semua file dengan menekan keyboard CTRL + A secara bersamaan, lalu tekan tombol Delete di keyboard untuk menghapus semua file sementara.

Kesimpulan

Anda dapat memilih dan memindahkan file sementara ke Recycle Bin, hal ini tentunya jika program atau Windows tidak berfungsi dengan benar setelah menghapus file sementara, Anda dapat memulihkannya.

Demikian artikel tentang Cara Menghapus File Temporary, jika Anda mengalami kendala atau masalah jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat, tunggu konten kami selanjutnya.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar