Maaf, kami mendeteksi ekstensi Adblocker di browser Anda sedang aktif!
Atau Anda tidak mengaktifkan Javascript. Harap nonaktifkan ekstensi Adblocker Anda![ Refresh ]

Cara Cek Laptop Support Windows 11 atau Tidak

Teknotes.id – Microsoft telah meluncurkan sistem operasi barunya yakni Windows 11. Microsoft mengonfirmasi bahwa sistem operasi Windows 11 dapat di update secara gratis untuk semua laptop atau komputer yang menggunakan lisensi Windows 10 original.

Fitur yang ada di Windows 11 seperti tampilan Start Menu dan taskbar, pengalaman bermain game, dapat menjalankan aplikasi Android tanpa emulator dan di dukung secara native, dan masih banyak lainnya.

Sistem operasi Windows yang baru memiliki serangkaian persyaratan persyaratan perangkat keras minimum. Ini yang berarti perangkat keras laptop atau komputer Anda harus memenuhi persyaratan dasar untuk menjalankan Windows 11. Persyaratan dasar seperti RAM 4GB, penyimpanan 64GB, dan prosesor 64-bit.

Jika Anda ingin tahu apakah laptop atau komputer Anda kompatibel dengan Windows 11, ada cara sederhana untuk melakukannya. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana Anda dapat memeriksa kompatibilitas Windows 11 pada laptop atau komputer Anda.

1. System requirements Windows 11

Sebelum Anda melakukan pembaruan ke Windows 11, Anda harus membaca persyaratan minimum yang harus dipenuhi untuk menggunakan Windows 11. Dikutip dari situs resmi Microsoft berikut ini system requirements Windows 11 secara lengkap:

Processor1 gigahertz (GHz)  atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada  prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC) .
RAM4 gigabyte (GB).
StoragePerangkat penyimpanan 64 GB atau lebih besar
System firmwareUEFI, Secure Boot capable
TPMTrusted Platform Module (TPM) version 2.0
Graphics cardKompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0.
DisplayHigh definition (720p) display that is greater than 9” diagonally, 8 bits per colour channel.
Internet connection and Microsoft accountWindows 11 Home edition memerlukan konektivitas internet dan akun Microsoft .

2. Cara Cek Laptop Support Windows 11 atau Tidak Menggunakan PC Health Check App

Jika perangkat keras laptop Anda memenuhi kriteria yang disebutkan diatas, Anda perlu menjalankan aplikasi PC Health Check agar perangkat Anda siap untuk menginstal Windows 11

Baca Juga:  Cara Menghapus Background Foto Dengan Mudah

Microsoft memberi Anda opsi untuk memeriksa apakah laptop atau komputer yang Anda gunakan kompatibel dengan Windows 11 atau tidak. Untuk melakukan itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa kompatibilitas laptop atau komputer Anda.

2.1 Langkah 1

Download aplikasi PC Health Check App melalui tautan ini.

2.2 Langkah 2

Setelah berhasil download, kemudian lakukan instal aplikasi Microsoft PC Health Check di laptop atau komputer Anda.

2.3 Langkah 3

Buka aplikasi yang telah di instal, dan di halaman beranda Anda akan melihat pemberitahuan yang mengatakan Introducing Windows 11, lalu klik Check now.

Cara Cek Laptop Support Windows 11 atau Tidak

2.4 Langkah 4

Jika laptop atau komputer Anda kompatibel, Anda akan melihat pesan yang mengatakan This PC can run Windows 11.

Cara Cek Laptop Support Windows 11 atau Tidak

Aplikasi ini juga memberikan informasi alasan mengapa laptop Anda tidak kompatibel dengan Windows 11. Anda dapat melihat daftar lengkap alasan mengapa laptop Anda tidak mendukung pembaruan Windows 11.

Jika aplikasi PC Health Check memberitahu Anda bahwa laptop Anda tidak didukung tetapi memenuhi persyaratan lainnya, maka Anda perlu memeriksa BIOS untuk mengaktifkan TPM. Hampir setiap CPU modern sudah mendukung TPM.

Jika Anda menggunakan Intel maka Anda perlu beralih ke TPM dan jika Anda menggunakan AMD maka Anda perlu memeriksa fTPM PSP di BIOS.

Kesimpulan

Jika laptop Anda tidak kompatibel dengan Windows 11 atau tidak mendapatkan pembaruan maka jangan berkecil hati. Solusi lain adalah dengan cara menginstal sendiri menggunakan flashdisk. Anda dapat membaca artikel Cara Menginstal Windows Menggunakan Flashdisk.

Windows 11 tidak akan mendukung sistem 32-bit, jadi Anda harus membeli laptop baru untuk dapat menggunakan Windows 11.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya kepada keluarga dan teman-teman. Apabila Anda mengalami kendala atau masalah, jangan ragu untuk berdiskusi dengan kami melalui kolom komentar.

Baca Juga:  Cara Burning File ke CD Tanpa dan Dengan Software

Demikian artikel Cara Cek Laptop Support Windows 11 atau Tidak, terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir dan semoga bermanfaat. Nantikan artikel kami selanjutnya ya dan selamat mencoba.

by Etgar Kurniawan
Hi! I am Owner and Writer at Teknotes.id. I love WordPress, Graphic Designer, Technology, Blogging, and Programming. I will help you making some technically being easy to understand :)

Follow me on:

Facebook Twitter Instagram Linkedin

Tinggalkan komentar